Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SINTAK MODEL DISCOVERY LEARNING,PROJECT BASE LEARNING ,PROBLEM BASE LEARNING


 

SINTAK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING,PROJECT BASE LEARNING ,PROBLEM BASE LEARNING

SINTAK MODEL DISCOVERY LEARNING (DL)

Tahap

Pembela

jaran

Sintaks

Model Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Waktu



Pendahu

luan

 

 

1.        Peserta didik menjawab salam dari guru dilanjutkan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

10’

 


2.      Peserta didik merespon guru mengecek kehadiran


3.        Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.


4.        Peserta didik menerima informasi tujuan pembelajaran, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan


Kegiatan Inti

Stimulation

(Stimulasi/Pemberian Rangsangan)

1.       Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang

110


2.       Peserta didik menyaksikan kisah tentang orang orang yang jujur


3.       Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan kejujuran


Problem statemen

4.       Peserta didik bertanya jawab tentang Kejujuran


5.       Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang Kejujuran


Data collection

6.       Peserta didik dalam satu kelompok mencari berbagai informasi tentang Kejujuran


7.       Peserta didik mengumpulkan hasil temuannya tentang Kejujuran


Verification

8.       Peserta didik berdiskusi tentang  Kejujuran


9.       Peserta didik merangkum hasil diskusi kelompok tentang Kejujuran


Generalization

10.    Peserta didik membacakan hasil diskusi kelompok  tentang Kejujuran dengan santun


11.    Peserta lain menanggapi dengan santun


12.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi tentang Kejujuran


13.    Peserta didik membacakan simpulan hasil diskusi tentang Kejujuran


Kegiatan penutup

 

14.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran

15’


15.    Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru


16.    Peserta didik  bersama guru melakukan refleksi terhadap materi yang baru saja dipelajari


17.    Paserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran


18.    Peserta didik memberikan tugas rumah


19.    Peserta didik menjawab salam penutup dari guru


 

SINTAK MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL)

Tahap

Pembela

jaran

Sintaks

Model Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Waktu



Pendahu

luan

 

 

5.        Peserta didik menjawab salam dari guru dilanjutkan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

10’

 


6.      Peserta didik merespon guru mengecek kehadiran


7.        Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.


8.        Peserta didik menerima informasi tujuan pembelajarani, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan


Kegiatan Inti

Mengidentifikasi masalah

1.       Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang

 


2.       Peserta didik membaca/mengamati/menyaksikan ….


3.       Peserta didik bertanya jawab tentang ….


4.       Peserta didik mengumpulkan masalah yang berkaitan dengan …….


Menetapkan masalah

5.       Peserta didik dalam kelompok masing-masing berdiskusi tentang …..


6.       Peserta didik mencari informasi tentang …. …sambil tetap diskusi kelompok


Mengembang

kan solusi

7.       Peserta didik berdiskusi antar kelompok tentang ….


8.       Peserta didik saling bertukar pikiran tentang ….


9.       Peserta didik mencari solusi dari …..


10.    Peserta didik menyamakan perbedaan persepsi tentang ….


Melakukan tindakan strategis

11.    Pesrta didik mendengarkan penjelasan guru tentang ….


12.    Peserta didik bersama kelompok masing-masing merangkum penjelasan guru tentang ……


Melihat ulang dan mengevaluasi

13.    Peserta didik memperhatikan presentasi yang dibacakan kelompok lain dengan santun

 


14.    Peserta didik menanggapi presentasi dari kelompok lain


15.    Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang ……


Kegiatan penutup

 

16.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran

15’


17.    Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru


18.    Peserta didik  bersama guru melakukan refleksi terhadap materi yang baru saja dipelajari


19.    Paserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran


20.    Peserta didik menjawab salam penutup dari guru


 

SINTAK MODEL PROJECT BASE LEARNING (PBL)

Tahap

Pembela

jaran

Sintaks

Model Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Waktu



Pendahu

luan

 

 

9.        Peserta didik menjawab salam dari guru dilanjutkan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik.

10’

 


10.   Peserta didik merespon guru mengecek kehadiran


11.     Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.


12.     Peserta didik menerima informasi tujuan pembelajarani, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan


Kegiatan Inti

Penentuan pertanyaan mendasar

1.       Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang

 


2.       Peserta didik membaca/mengamati/menyaksikan …..


3.       Peserta didik menggali pengalaman dari peristiwa/kejadian yang ditampilkan dengan bertanya jawab tentang …..


Mendesain perencanaan proyek

4.       Peserta didik mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan ….


5.       Peserta didik berdiskusi untuk menentukan …… tentang …..


6.       Peserta didik merencanakan untuk membuat …


Menyusun jadwal

7.       Peserta didik bersama dengan guru menentukan batas waktu pembuatan ….


8.       Peserta didik menyusun jadwal pembuatan ….


Memonitor kemajuan proyek

9.       Guru melakukan monitoring peserta didik dalam pembuatan ….


10.    Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berhubungan dengan proses pembuatan ….


Menguji hasil

11.    Peserta didik dalam satu kelompok memeriksa ulang hasil pembuatan ……..dari segi …..


12.    Peserta didik menampilkan/membacakan/memperlihatkan hasil pembuatan ….


13.    Peserta didik lain mengomentari dengan santun


Mengevaluasi pengalaman

14.    Peserta didik menceritakan pengalamannya tentang pembuatan ….


15.    Peserta didik lainnya memberikan komentar


Kegiatan penutup

 

16.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran

15’


17.    Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru


18.    Peserta didik  bersama guru melakukan refleksi terhadap materi yang baru saja dipelajari


19.    Paserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran


20.    Peserta didik menjawab salam penutup dari guru


 

Post a Comment for "SINTAK MODEL DISCOVERY LEARNING,PROJECT BASE LEARNING ,PROBLEM BASE LEARNING "