SINTAK MODEL DISCOVERY LEARNING,PROJECT BASE LEARNING ,PROBLEM BASE LEARNING
SINTAK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING,PROJECT BASE LEARNING ,PROBLEM BASE LEARNING
SINTAK MODEL DISCOVERY LEARNING (DL)
Tahap Pembela jaran |
Sintaks Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
|
Pendahu luan |
|
1. Peserta didik menjawab salam dari guru dilanjutkan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. |
10’
|
|
2. Peserta didik merespon guru mengecek kehadiran |
||||
3. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. |
||||
4. Peserta didik menerima informasi tujuan pembelajaran, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan |
||||
Kegiatan Inti |
Stimulation (Stimulasi/Pemberian Rangsangan) |
1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang |
110 |
|
2. Peserta didik menyaksikan kisah tentang orang orang yang jujur |
||||
3. Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan kejujuran |
||||
Problem statemen |
4. Peserta didik bertanya jawab tentang Kejujuran |
|||
5. Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang Kejujuran |
||||
Data collection |
6. Peserta didik dalam satu kelompok mencari berbagai informasi tentang Kejujuran |
|||
7. Peserta didik mengumpulkan hasil temuannya tentang Kejujuran |
||||
Verification |
8. Peserta didik berdiskusi tentang Kejujuran |
|||
9. Peserta didik merangkum hasil diskusi kelompok tentang Kejujuran |
||||
Generalization |
10. Peserta didik membacakan hasil diskusi kelompok tentang Kejujuran dengan santun |
|||
11. Peserta lain menanggapi dengan santun |
||||
12. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi tentang Kejujuran |
||||
13. Peserta didik membacakan simpulan hasil diskusi tentang Kejujuran |
||||
Kegiatan penutup |
|
14. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran |
15’ |
|
15. Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru |
||||
16. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap materi yang baru saja dipelajari |
||||
17. Paserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran |
||||
18. Peserta didik memberikan tugas rumah |
||||
19. Peserta didik menjawab salam penutup dari guru |
SINTAK MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL)
Tahap Pembela jaran |
Sintaks Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
|
Pendahu luan |
|
5. Peserta didik menjawab salam dari guru dilanjutkan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. |
10’
|
|
6. Peserta didik merespon guru mengecek kehadiran |
||||
7. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. |
||||
8. Peserta didik menerima informasi tujuan pembelajarani, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan |
||||
Kegiatan Inti |
Mengidentifikasi masalah |
1. Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang |
|
|
2. Peserta didik membaca/mengamati/menyaksikan …. |
||||
3. Peserta didik bertanya jawab tentang …. |
||||
4. Peserta didik mengumpulkan masalah yang berkaitan dengan ……. |
||||
Menetapkan masalah |
5. Peserta didik dalam kelompok masing-masing berdiskusi tentang ….. |
|||
6. Peserta didik mencari informasi tentang …. …sambil tetap diskusi kelompok |
||||
Mengembang kan solusi |
7. Peserta didik berdiskusi antar kelompok tentang …. |
|||
8. Peserta didik saling bertukar pikiran tentang …. |
||||
9. Peserta didik mencari solusi dari ….. |
||||
10. Peserta didik menyamakan perbedaan persepsi tentang …. |
||||
Melakukan tindakan strategis |
11. Pesrta didik mendengarkan penjelasan guru tentang …. |
|||
12. Peserta didik bersama kelompok masing-masing merangkum penjelasan guru tentang …… |
||||
Melihat ulang dan mengevaluasi |
13. Peserta didik memperhatikan presentasi yang dibacakan kelompok lain dengan santun |
|
||
14. Peserta didik menanggapi presentasi dari kelompok lain |
||||
15. Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang …… |
||||
Kegiatan penutup |
|
16. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran |
15’ |
|
17. Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru |
||||
18. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap materi yang baru saja dipelajari |
||||
19. Paserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran |
||||
20. Peserta didik menjawab salam penutup dari guru |
SINTAK MODEL PROJECT BASE LEARNING (PBL)
Tahap Pembela jaran |
Sintaks Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu |
|
Pendahu luan |
|
9. Peserta didik menjawab salam dari guru dilanjutkan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. |
10’
|
|
10. Peserta didik merespon guru mengecek kehadiran |
||||
11. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. |
||||
12. Peserta didik menerima informasi tujuan pembelajarani, materi, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan |
||||
Kegiatan Inti |
Penentuan pertanyaan mendasar |
1. Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang |
|
|
2. Peserta didik membaca/mengamati/menyaksikan ….. |
||||
3. Peserta didik menggali pengalaman dari peristiwa/kejadian yang ditampilkan dengan bertanya jawab tentang ….. |
||||
Mendesain perencanaan proyek |
4. Peserta didik mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan …. |
|||
5. Peserta didik berdiskusi untuk menentukan …… tentang ….. |
||||
6. Peserta didik merencanakan untuk membuat … |
||||
Menyusun jadwal |
7. Peserta didik bersama dengan guru menentukan batas waktu pembuatan …. |
|||
8. Peserta didik menyusun jadwal pembuatan …. |
||||
Memonitor kemajuan proyek |
9. Guru melakukan monitoring peserta didik dalam pembuatan …. |
|||
10. Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berhubungan dengan proses pembuatan …. |
||||
Menguji hasil |
11. Peserta didik dalam satu kelompok memeriksa ulang hasil pembuatan ……..dari segi ….. |
|||
12. Peserta didik menampilkan/membacakan/memperlihatkan hasil pembuatan …. |
||||
13. Peserta didik lain mengomentari dengan santun |
||||
Mengevaluasi pengalaman |
14. Peserta didik menceritakan pengalamannya tentang pembuatan …. |
|||
15. Peserta didik lainnya memberikan komentar |
||||
Kegiatan penutup |
|
16. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran |
15’ |
|
17. Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru |
||||
18. Peserta didik bersama guru melakukan refleksi terhadap materi yang baru saja dipelajari |
||||
19. Paserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran |
||||
20. Peserta didik menjawab salam penutup dari guru |
Post a Comment for "SINTAK MODEL DISCOVERY LEARNING,PROJECT BASE LEARNING ,PROBLEM BASE LEARNING "