Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Standar Kompetensi keLulusan (SKL) Mata Pelajaran


 

 Dokumen I Kurikulum Standar Kompetensi keLulusan (SKL) Mata Pelajaran

A.        Standar Kompetensi keLulusan (SKL) Mata Pelajaran

Standar Kompetensi keulusan (SKL) Mata Pelajaran Ditetapkan Sebagai Berikut :

1.         Pendidikan Agama dan budi pekerti

a.    Memahami Ayat-ayat Al Qur’an Yang Berkaitan Dengan Fungsi Manusia Sebagai Khalifah, Demokrasi Serta Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

b.    Meningkatkan Keimanan Kepada Allh Sampai Qadha Dan Qadar Melalui Pemahaman Terhadap Sifat Dan Asmaul Husna

c.     Berprilaku Terpuji Seperti Husnuzzhan, Taubat Dan Raza Dan Meninggalkan Prilaku Tercela Seperti Isyaroh, Tabdzir Dan Fitnah

d.    Memahami sumber Hukum Islam Dan Hukum Taklifi Serta Menjelaskan Hukum Muamalah Dan Hukum Keluarga  Dalam Islam

e.    Memahami Sejarah Nabi Muhamad Pada Priode Mekkah Dan Priode Madinah Serta Perkembangan Islam Di Indonesia Dan Di Dunia.

 

2.         Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)

a.    Memahami Hakekat bangsa Dan Negara Kesatuan Revublik Indonesia

b.    MenganalisisSikap Positip Tehadap Penegakan Hukum, Peradilan Nasional, Dan Tindakan Anti Korupsi

c.     Menganalisis pola-pola dan partisipasi aktip Dalam Pemajuan, Penghormatan serta penegakan  HAM Baik di Indonesia Maupun di luar negri

d.    Menganalisis peran Dan Hak Warga Negara Dan Sistem Pemerintah NKRI

e.    Menganalisis Budaya Politik Demokrasi, Konsitusi, Kedaulatan Negara, Keterbukaan Dan Keadilan Di Indonesia

f.     Mengevaluasi hubungan internasional dan system hukum Internasional

g.    Mengepaluasi sikap Berpolitik Dan Bermasyarakat madani Sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

h.    Menganalisis Peran Indonesia Dengan Politik Dan Hubungan International, Regional, dan Kerja sama Global Lainnya

i.      Menganalisis Sistem Hukum Internasional, Timbulnya Konflik International, Dan Mahkamah International

 

3.       Bahasa Indonesia

Tingkat Semenjana

a.     Mendengarkan

Memahami Wacana Lisan Dalam Kegiatan Penyampaian Dan Penerimaan Informasi Yang Berkaitan Dengan Kehidupan Sehari-Hari

b.      Berbicara

Menggunakan Wacana Lisan Untuk Mengungkapkan Pikiran, Perasaan, Dan Penyampaian Informasi Yang Berkaitan Dengan Pekerjaan

b.      Membaca

Menggunakan Berbagai Jenis Membaca Untuk Memahami Wacana Tulis Berupa Teks, Grafik, Dan Tabel Yang Berkaitan Dengan Pekerjaan

c.       Menulis

Menggunakan Berbagai Jenis Wacana Tulis Untuk Mengungkapkan Pikiran, Perasaan, Dan Penyampaian Informasi DalamBentuk teks,grafik, dan table yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

 

 

 

Tingkat Media

a.       Mendengarkan

Memahami Wacana LisanDalam Kegiatan Penyampaian Dan Penerimaan Informasi Yang Berkaitan Dengan Pekerjaan

b.      Berbicara

Menggunakan Wacana Lisan Untuk Mengungkapkan Pikiran, Perasaan, Dan Penyampaian Informasi Yang berkaitan Dengan Pekerjaan

c.       Membaca

Menggunakan Berbagai Jenis Membaca untuk memahami wacana Tulis Berupa Teks, Grafik, dan Tabel yang Berkaitan Dengan pekerjaan

d.      Menulis

Mengunakan berbagai jenis wacana Tulis untuk mengungkapkan Pikiran, Perasaan, Dan penyampaian informasi dalam bentuk teks,Grafik, dan Tabel yang Berkaitan dengan pekerjaan

 

Tingkat Unggulan

a.    Mendengarkan

Memahami wacana lisan dalam penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana

b.    Menggunakan Wacana Lisan Untuk Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana

c.     Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca Untuk memahami berbagai wacana tulis berupa teks,grafik, dan table yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah

d.      Menulis

Menggunakan berbagai wacana tulis Yang mengungkapkan pikiran, perasaan, dan Penyampaian Informasi dalam bentuk teks, grafik, dan table yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana

 

1.    Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (Penjas)

a.       Memperaktekan keterampilan permainan dan olah raga dengan menggunakan peraturan

b.      Memperaktekan rangkaian senam lantai Dan irama Serta nilai-nilai Yang terkandung didalamnya

c.       Memperaktekan pengembangan mekanik sikap tubuh, Kebugaran jasmani serta aktivitas lain

d.      Memperaktekan gerak ritmik Yang meliputi senam pagi , Senam aerobic, Dan aktivitas lainnya

e.      Memperaktekan kegiatan dalam air seperti renang, Permainan di air dan keselamatan di air

f.        Memperaktekan kegiatan kegiatan Diluar kelas seperti melakukan Perkemahan, Penjelajahan alam sekitar, Mendaki gunung, dan Lain-lain

g.       Faham budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, Mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV AIDS

 

2.       Seni Budaya

Seni Rupa

a.       Faham Konsep seni Rupa Dan memahami pentingnya seni rupa dalam kehidupan

b.      Mengamalkan sikap apresiatif terhadap seni rupa

Seni musik

a.       Faham konsep seni music Dan memahami pentingnya seni music Dalam Kehidupan

b.      Mengamalkan sikap apresiatif terhadap seni music

Seni Tari

a.       Faham konsep seni tari dan memahami pentingnya seni tari dalam kehidupan

b.      sikap apresiatif terhadap seni tari

 

Teater

a.       Memahami konsep teater dan memahami pentingnya teater Dalam Kehidupan

b.      Menunjukan sikap Apresiatif terhadap teater

 

3.       Matematika

a.       Faham konsep oprasi bilangan riil Serta penerapannya dalam Pemecahan Masalah

b.      Faham konsep Aproksimasi Kesalahan serta Penerapannya Dalam pemecahan masalah

c.       Memahami system persamaan linear, Pertidaksamaan linear, Dan persamaan kuadrat, Serta penerapannya dalam pemecahan masalah

d.      Memahami logika matematika dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah

e.      Memahami konsep matrik dan penerapannya dalam pemecahan masalah Yang terkait dengan matrik

f.        Memahami konsep perbandingan, fungsi, Persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah

g.       Memahami konsep persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat dan penerapannya dalam pemecahan masalah

h.      Memahami konsep barisan dan deret Dan penerapannya dalam pemecahan masalah

i.         Memahami konsep kedudukan,Jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah

j.        Memahami konsep vector dan penerapannya dalam pemecahan masalah

k.       Memahami konsep teori peluang dan penerapan dalam pemecahan masalah

l.         Memahami konsep statistic sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah

m.    Memahami konsep irisan kerucut Dan penerapannya dalam pemecahan Masalah

n.      Memahami konsep limit pungsi dan turunan fungsi dan penerapannyadalam pemecahan masalah

o.      Memahami konsep intergral Dan penerapannya dalam pemecahan masalah

p.      Memahami kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari Matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah

q.      Menganalisis secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide

r.        Mengaplikasikan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

 

4.       Bahasa Inggris

“Level Novice”

a.       Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisanInteroersonal dan transaksional, secara formal Maupun informal, Dalam bentuk mendengarkan Permintaan dan perintah Yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

b.      Speaking

Mengaplikasikan  makna secara lisan dalam wacana inter personal Dan transaksional, Secara formal maupun informal, Dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

c.       Membaca

Memahami makna dalam wacana tulis inter personal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak Permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

d.    Menulis

Mengaplikasikan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, Dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

 

Level Elementary

a.    Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan

b.    Berbicara

Mengaplikasikan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan

c.     Membaca

Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kepropesian

d.    Menulis

Mengaplikasikan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kepropesian

 

5.       Ilmu Pengetahuan Alam

a.       Mampu mengenali gejala gejala alam melalui pengamatan langsung dan menafsirkannya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari

b.      Mengetahui berbagai jenis polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan

c.       Ada  kesadaran dan mampu berperan serta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan ekosistem lingkungan dan sumberdaya alam

d.      Menerapkan IPA sebagai dasar pengusahaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

 

6.       Biologi

a.       Faham ke anekaragaman Hayati dan Klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati Bagi kehidupan dan upaya pelestariannya

b.      Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energy, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

c.       Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan dan penyakit Yang mungkin terjadipada system organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

d.      Faham factor-faktor yang mempengaruhiyang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan , proses metabolism dan hereditas, evaluasi dan implikasinya dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.

e.      FAHAM prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

f.        Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi, serta keterkaitannya dengan IPA lainnya

g.       Meningkatnya kesadaran dan peran serta dalam menjaga lingkungan

h.      Menerapkan pengetahuan dan keterampilan menganalisis lingkungan dan alam sekitar dalam kehidupan sehari-hari

i.         Mengembangkan pemahaman dan pengetahuan untuk menunjang kompetensi produktif dan pengembangan diri

 

7.       Kimia

a.       Memahami konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa, dan kekekalan energy.

b.      Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutankoloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaanya

c.       Faham konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energy listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan(elektrolisis)

d.      Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organic yang meliputi benzene dan turunnya, lemak, karbihidrat, protein dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

e.      Meninggalkan kesadaran tntang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga bagi individi, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat

f.        Memahami konsep, prinsip, hukumdan teori kimia sertasaling ketrkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi

g.       Menggunakan pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki kemampuan dasar kimia sebagai landasan dalam mengembangkan kompetensi di masing-masing bidang keahlian

 

8.       Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

a.       Memahami konsep-konsep interaksi antar individu serta interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar

b.      Memahami proses pengembangan kolonialisme dan imperialism barat hingga terjadinya kebangkitan nasional

c.       Memahami konsep kebutuhan manusia akan barang serta memahami proses-proses dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhan

d.      Berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social ekonomi

e.      Memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai social, budaya, dan kemanusiaan

f.        Mampu berkomunikasi, bekerjasama dan brkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat local, nasional dan global

 

9.       Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI)

a.       Mampu mengoprasikan computer PC

b.      Mampu mengoprasikan sister operasi soft ware

c.       Mampu menggunakan teknologi computer untuk mengolah data, keperluan sehari-hari serta keperluan yang terkkait dengan dunia kerja

d.      Mampu mangoprasikan PC dalam suatu jaringan serta mengoprasikan web design

10.   Kewirausahaan

a.       Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakat

b.      Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di limgkungan masyarakat

c.       Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupnnya

d.      Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam bidangnya

11.   Dasar Kejuruan

a.       Memahami dasar-dasar anatomi, fisilogi, patologi tubuh secara umum

b.      Melaksanakan pemberian obat pada pasien

c.       Menunjukan komunikasi terapeutik

d.      Menunjukan kemampuan melayani pasien berpenyakit ringan

e.      Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan limgkungan hidup (K3LH)

f.        Memahami jenis pemeriksaan labolatorium dasar yang diperlukan pasien

g.       Menunjukan kemampuan mengasuh bayi, balita, anak dan lansia

12.   Kompetensi Kejuruan

a.       Memahami kemampuan interpersonal dan massa

b.      Memahami sikap pelayanan perawat sesuai tahapan perkembangan

c.       Memahami dasar kebutuhan manusia

d.      Memahami prinsip-prinsi perkembangan manusia

e.      Memahami tahap-tahap perkembangan manusia

f.        Memahami kontinum sehat sakit

g.       Memahami dasar-dasar penyakit sederhana yang umum di masyarakat

h.      Memahami prilaku empatik

i.         Memahami pemberian obat

j.        Memahami tentang kesehatan reproduktif

k.       Melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital

l.         Melakukan mobilisasi pasif terhadap pasien

m.    Memahami peningkatan kesehatan dan pelayanan kesehatan utama

n.      Memahami tentang setres

o.      Melakukan pemberian nutrisi

p.      Melakukan dokumentasi tindakan keperawatan

q.      Melakukan tugas sesuai dengan etika keperawatan dan kaidah hokum

 

Post a Comment for " Standar Kompetensi keLulusan (SKL) Mata Pelajaran"