Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

TES AKHIR MODUL PPG TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


 

TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Mampu melaksanakan pembelajaran PAI yang mendidik dengan menerapkan teori-teori belajar dan pembelajaran yang relevan untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif;

PENGANTAR

Belajar adalah segenap rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa sikap, pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Dalam Islam, setiap manusia telah dibekali tiga indera utama dalam belajar. Indera tersebut adalah mata, telinga dan hati sebagaimana firman Allah sebagai berikut.

 

Ketiga indera utama tersebut masih berupa potensi dan harus dikembangkan dalam lingkungan pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu sistim yang membantu individu belajar dan berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan. Pembelajaran juga merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan. Rasulullah SAW bersabda,

قال النبي صلى الله عليه و سلم  كل مولود يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أو ينصرانه أو يمجسانه

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (Islam), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nashrani atau Majusi.” (HR. al-Bukhari & Muslim)

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.

Kualitas guru PAI sangat ditentukan oleh kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran. Sedangkan kemampuan tersebut dipengaruhi oleh tingkat pemahamannya tentang teori-teori belajar dan pembelajaran. Dengan memahami teori-teori belajar dan pembelajaran, guru PAI sebagai pengelola kegiatan pembelajaran dapat mengetahui karakter dan kemampuan yang dimiliki peserta didik sehingga dapat menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Dengan pemahaman teori-teori belajar dan pembelajaran, para guru selanjutnya dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk berprestasi lebih baik dan dapat meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam meraih kompetensi yang telah ditetapkan.

Soal Nomor 1

Untuk mencapai kompetensi praktik shalat, guru berulang-ulang membarikan contoh peragaan praktik shalat. Peserta didik diminta berlatih menirukan contoh yang diperagakan oleh guru. Guru memberikan pujian kepada siswa yang tepat dalam menirukan praktik shalat yang benar, dan sebaliknya memberikan teguran kepada peserta didik yang masih salah. Berdasarkan deskripsi kegiatan tersebut, teori belajar apa yang digunakan oleh guru dan peserta didik?

Jawaban Anda

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Humanistik

D. Konstruktivistik

E. Teori belajar sosial

Soal Nomor 2

Pada bagian pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran, guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik tentang perbedaan pendapat mengenai jumlah rakaat shalat tarawih. Peserta didik diminta untuk menjelaskan dasar hukum tarawih yang sudah dikuasai oleh peserta didik. Guru menginformasikan kepada peserta didik tentang pengertian dan dasar hukum, dan beberapa pendapat ulama mengenai jumlah rakaat tarawih. Berdasarkan deskripsi kegiatan tersebut, teori belajar apa yang digunakan oleh guru dan peserta didik?

Jawaban Anda

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Humanistik

D. Konstruktivistik

E. Teori belajar sosial

Soal Nomor 3

Dalam kegiatan pembelajaran, guru berulang-ulang memperdengarkan contoh bacaan Q.S. Al-Falaq yang fasih. Peserta didik diminta berlatih menirukan ucapan pelafalan yang didengarnya. Guru selalu memberikan pujian kepada siswa yang sudah fasih melafalkan Q.S. Al-Falaq, dan sebaliknya memberikan teguran kepada peserta didik yang masih salah dalam melafalkan Q.S. Al-Falaq. Berdasarkan deskripsi kegiatan tersebut, teori belajar apa yang digunakan oleh guru dan peserta didik?

Jawaban Anda

A. Behavioristik model Watson

B. Behavioristik model Guthrie

C. Behavioristik model Thorndike

D. Behavioristik model pembiasaan klasik

E. Behavioristik model Skinner

Soal Nomor 4

Dalam kegiatan pembelajaran, guru meminta beberapa orang peserta didik untuk melafalkan Q.S. Al-Lahab. Peserta didik lainnya yang ada di dalam kelas diberi kesempatan untuk menyampaikan komentar atas kekurangan bacaan temannya. Beberapa peserta didik yang sudah lebih fasih bacaan Q.S. Al-Lahab diberikan kesempatan untuk menunjukkan contoh bacaan yang tepat pada Q.S. Al-Lahab tersebut. Berdasarkan deskripsi kegiatan tersebut, teori belajar apa yang digunakan oleh guru dan peserta didik?

Jawaban Anda

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Humanistik

D. Konstruktivistik

E. Teori belajar sosial

Soal Nomor 5

Dalam kegiatan pembelajaran, guru meminta beberapa orang peserta didik untuk memperbaiki kemampuan membaca al-Quran. Peserta didik difasilitasi berdiskusi kelompok untuk menenyepakati tujuan dan rencana belajar untuk memperbaiki kemampuan melafalkan bacaan shalat secara mandiri dan kelompok. Berdasarkan deskripsi kegiatan tersebut, teori belajar apa yang digunakan oleh guru dan peserta didik?

Jawaban Anda

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Humanistik

D. Konstruktivistik

E. Teori belajar sosial

Soal Nomor 6

Untuk mencapai kemampuan siswa dalam mempraktikan pemulasaraan jenazah, guru meminta peserta didik untuk memperhatikan video peragaan pemulasaraan jenazah. Setelah selesai memperhatikan video tersebut, peserta didik mencoba menirukan peragaan pemulasaraan jenazah seperti yang ditayangkan dalam video. Berdasarkan deskripsi kegiatan tersebut, teori belajar apa yang digunakan oleh guru dan peserta didik?

Jawaban Anda

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Humanistik

D. Konstruktivistik

E. Teori belajar sosial

Soal Nomor 7

Untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang berbunyi “memahami jalur masuk Islam ke Nusantara” guru menyiapkan materi ajar berupa gambar-gambar bukti-bukti sejarah jalur masuk Islam ke Nusantara. Pendekatan pembelajaran yang tepat agar peserta didik memahami secara kritis memahmi jalur masuk Islam tersebut adalah ……

Jawaban Anda

A. Keteladanan

B. Historis

C. Atraktif

D. Kontekstual

E. Problematik

Soal Nomor 8

Untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang berbunyi “memahami jalur masuk Islam ke Nusantara” guru menyiapkan materi ajar berupa gambar-gambar ilustrasi keterkaitan budaya Islam di Nusantara dengan budaya bangsa yang menjadi jalur masuk Islam ke Nusantara. Pendekatan pembelajaran yang tepat agar peserta didik memahami secara kreatif memahmi jalur masuk Islam tersebut adalah ……

Jawaban Anda

A. Ceramah

B. Diskusi

C. Discovery

D. Problem based learning

E. Project based learning

Soal Nomor 9

Di akhir suatu pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu menumkan pengaruh zakat terhadap keadilan sosial. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka guru PAI dapat menggunakan model pembelajaran ……………

Jawaban Anda

A. Ceramah

B. Diskusi

C. Discovery

D. Problem based learning

E. Project based learning

Soal Nomor 10

Untuk mencapai kompetensi “memahami makna Q.S. al-Kafirun dengan baik dan benar”, dilakukan pembelajaran, di antaranya:

1. Membaca Q.S. al-Kafirun

2. Mengartikan Q.S. al-Kafirun

3. Mendengarkan penjelasan tentang Q.S. al-Kafirun

4. Mendiskusikan cara membaca Q.S. al-Kafirun

5. Mendiskusikan arti perkata Q.S. al-Kafirun

6. Mendiskusikan makna Q.S. al-Kafirun

Di antara urutan langkah pembelajaran yang tepat dengan menggunakan saintifik untuk mencapai kompetensi tersebut adalah ….

Jawaban Anda

A. 1, 2, 3, 4

B. 1, 2, 3, 5

C. 1, 2, 5, 6

D. 2, 3, 4, 1

E. 2, 3, 4, 6

Soal Nomor 11

Di antara strategi pembelajaran yang tepat untuk membelajarkan peserta didik pada keterampilan abad 21, literasi dan karakter adalah …

Jawaban Anda

A. Discovery learning

B. Competitive advantage

C. Drill and practice

D. Lecturing

E. Simplification

Soal Nomor 12

Perhatikan KD dan IPK berikut ini KD: “Menganalisis hikmah ibadah haji,zakat, dan wakaf bagi individu dan Masyarakat” IPK: “Menunjukkan keterkaitan antara zakat dengan kesalihan individu dan sosial” Untuk mencapai IPK pada KD di atas, tentukan sumber belajar berbasis IT yang paling tepat!

Jawaban Anda

A. Internet

B. Gambar animasi harta yang harus dizakati

C. Tayangan video dalil-dalil kewajiban zakat

D. Video pelaksanaan pembagian zakat

E. Video ceramah pengurus Baznas

 

Post a Comment for "TES AKHIR MODUL PPG TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN "