Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

CONTOH SOAL PRETEST PPG STRUKTUR KEILMUAN PAI 2022


SOALPRETEST STRUKTUR KEILMUAN PAI 

Soal Nomor 1
Seorang guru mengajarkan pada peserta didiknya untuk membiasakan sholat shubuh. Di rumah, siswa diberikan contoh yang baik oleh orang tuanya dengan mengerjakan sholat subuh tepat waktu. Siswa tersebut juga mengikuti Pendidikan diniyah pada sore atau malam hari. Ilustrasi tersebut di atas menunjukkan:
A.Siswa tersebut rajin sholah subuh dan mengaji.
B.    Kerja sama yang baik kantar tripusat Pendidikan dalam internalisasi nilai Islam.
C.    Kehidupan di lingkungan siswa tersebut sangat agamis.
D.    Orang tersebut bisa menjadi teladan yang baik bagi anaknya.
E.    Guru melakasanakan tugas dengan baik.
Soal Nomor 2
Yazid dan Ahmad adalah dua sahabat yang kerap belajar bersama. Ketika mereka sedang belajar, tiba-tiba adzan berkumandang. Seketika Ahmad yang langsung mengingatkan dan mengajak Yazid untuk melaksanakan shalat. Sikap dan tindakan Ahmad tersebut merupakan aktualisasi akhlak terpuji, karena…
A.    Merupakan perbuatan yang gampang dan mudah
B.    Merupakan sifat yang tertanam dalam jiwa
C.    Merupakan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran
D.    Merupakan perbuatan tanpa memerlukan pertimbangan
E.    Merupakan perbuatan sebagai manifestasi jiwa seseorang
Soal Nomor 3
Perhatikan pernyataan Sayed Husein Nasr di bawah ini: “Pengetahuan dalam visi Islam mempunyai hubungan yang mendalam dengan realitas yang pokok dan premordial yang merupakan Yang Kudus dan sumber dari segala yang kudus”. Jika dikaitkan dengan aspek pengembangan PAI, pernyataan ini berkenaan pengembangan PAI aspek….
A.    Ideologis-Filosofis
B.    Budaya Religius
C.    Intrakurikuler
D.    Ekstrakurikuler
E.    Ranah PAI
Soal Nomor 4
Pendidikan Agama Islam di sekolah, dikembangkan berdasarkan budaya bangsa Indonesia yang beragam, diarahkan untuk membangun kehidupan masa kini, dan untuk membangun dasar bagi kehidupan bangsa yang lebih baik di masa depan. Pernyataan ini mengandung makna bahwa Pendidikan Agama Islam dikembangkan berdasarkan…
Jawaban Anda
A.    Landasan Historis
B.    Landasan Yuridis
C.    Landsan Filsafat
D.    Landasan Teoretis
E.    Landasan Normatif
Soal Nomor 5
Keberagamaan seseorang dapat diukur dari keberadaan dimensi keyakinan (Aqidah Islam), dimensi praktek agama (ritual dan ketaatan), dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan agama, dan dimensi pengamalan atau konsekuensi. Di bawah ini, yang termasuk perilaku keberagamaan sebagai implementasi dari Aqidah Islam seseorang adalah.
Jawaban Anda
A.    Pak Umar rajin shalat berjamaan di masjid, sebab beliau sebagai ketua DKM
B.    Aisyah memberi bingkisan kepada tetangganya, karena tetangganya juga suka memberi bingkisan kepadanya
C.    Anton setiap hari Jum’at memberi infaq ke masjid di sekolahnya sebagai ketaatan terhadap aturan sekolah
D.    Fahima rajin mengaji di rurmah karena diperintahkan oleh orangtuanya
E.    Andini suka menyantuni anak yatim sebagai implementasi dari perintah Allah
Soal Nomor 6
Menurur Abu Hamid al-Ghazali, akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Pengertian ini mengandung esensi bahwa akhlak adalah…
Jawaban Anda
A.    Sifat yang tertanam dalam jiwa
B.    Perbuatan yang gampang dan mudah
C.    Perbuatan tanpa memerlukan pemikiran
D.    Perbuatan tanpa memerlukan pertimbangan
E.    Perbuatan sebagai manifestasi jiwa seseorang
Soal Nomor 7
Ruang lingkup materi Pendidikan Agama Islam pada SD, SMP, SMA, SMK dikembangkan dari arkan al-din dalam rangka mencapai tujuan menjadikan manusia yang berislam (muslim), beriman (mukmin) dan berihsan (muhsin). Disiplin ilmu yang mengembangkan materi Iman adalah ilmu Aqidah. Dengan demikian belajar Aqidah pada utamanya adalah…
Jawaban Anda
A.    Belajar hukum syari’at untuk melalui jalan kepasrahan dan kepatuhan kepada ketentuan Allah SWT
B.    Belajar berbagai keyakinan untuk mencapai keimanan yang sempurna kepada Allah SWT.
C.    Belajar perilaku manusia untuk mencapai kesadaran tentang semua perilaku yang diawasi oleh Allah SWT.
D.    Belajar dasar utama keberagamaan (Islam, iman dan ihsan), yaotu al- Quran dan al- Hadits .
E.    Belajar praktik baik sebagai ‘ibroh (pelajaran) mengenai akibat dari ketaatan dan penolakan terhadap kententuan Allah SWT.
Soal Nomor 8
Ruang lingkup materi Pendidikan Agama Islam pada SD, SMP, SMA, SMK dikembangkan dari arkan al-din dalam rangka mencapai tujuan menjadikan manusia yang berislam (muslim), beriman (mukmin) dan berihsan (muhsin). Disiplin ilmu yang mengembangkan materi Iman adalah ilmu Aqidah. Dengan demikian belajar Aqidah pada utamanya adalah…
Jawaban Anda
A.    Belajar hukum syari’at untuk melalui jalan kepasrahan dan kepatuhan kepada ketentuan Allah SWT
B.    Belajar berbagai keyakinan untuk mencapai keimanan yang sempurna kepada Allah SWT
C.    Belajar perilaku manusia untuk mencapai kesadaran tentang semua perilaku yang diawasi oleh Allah SWT
D.    Belajar dasar utama keberagamaan (Islam, iman dan ihsan), yaotu al- Quran dan al- Hadits.
E.    Belajar praktik baik sebagai ‘ibroh (pelajaran) mengenai akibat dari ketaatan dan penolakan terhadap kententuan Allah SWT.
Soal Nomor 9
Secara epistemologis, Islam mengakui empat sumber pengetahuan, yaitu realitas empirik, rasionalitas, intuisi dan otoritas. Dengan sumber pengetahuan intuisi, melahirkan jenis pengetahuan intuitif. Hakikat pengetahuan intuitif adalah…
Jawaban Anda
A.    Pengetahuan yang didapatkan melalui olah pikir dengan pendekatan deduktif dimaka akal mengatur data-data yang dikirim oleh indera, mengolahnya dan menyusunnya hingga menjadi pengetahuan yang benar.
B.    Pengetahuan yang didapatkan melalui pengalaman indrawi dan akal mengolah bahan-bahan yang diperoleh dari pengalaman dengan cara induksi
C.    Pengetahuan yang didapatkan melalui pengamatanyang memberikan kesan-kesan dan pengertian-pengertian atau ide-ide

D.    Pengetahuan yang didapatkan memlalui salah satu jenis kemampuan nalar tinggi dengan bentuk pemunculan ide-ide terpendam di bawah sadar
E.    Pengetahuan yang didapatkan sebagai bentuk pencapaian ilmu hudluriy yang didapatkan seseorang dengan cara pasif baik itu secara langsung dari Allah atau melalui perantara.
Soal Nomor 10
Ketika al-Ghazali menjelaskan tentang tiga demensi pengenalan (ma'rifah) manusia kepada Allah dari sudut perbuatan-Nya (al-af'al), sifat (al-sifat) dan dzat-Nya (al-dzat), ia mengatakan bahwa seluruh pengetahuan manusia (dalam bentuk science) itu diambil dari samudera al-af'al. Yakni representasi perbuatan Allah yang begitu luas terbentang ke penjuru semesta yang tak terarungi. Hal ini berarti..
Jawaban Anda
A.    Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah setitik air dari samudera pengetahuan Allah Azza wa Jalla.
B.    Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah hasil olah pikir para ilmuwan Muslim di masa keemasan Islam .
C.    Sebagian jenis pengetahuan makhluk adalah setitik air dari samudera pengetahuan Allah SWT.
D.    Sebagian jenis pengetahuan makhluk adalah hasil dialektika para filosof Muslim di masa keemasan Islam
E.    Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah hasil eksperimen para ilmuwan Muslim di masa keemasan
Soal Nomor 11
Pendidikan Agama Islam merupakan bidang ilmu yang dikembangkan dari pokok agama Islam, yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Bidang ilmu pendidikan agama Islam sebagai penjabaran dari Iman adalah…
Jawaban Anda
A.    Al-Qur’an dan Hadits
B.    Aqidah
C.    Akhlak
D.    Fiqih
E.    Sejarah Peradaban Islam
Soal Nomor 12
Secara epistemologis, Islam mengakui empat sumber pengetahuan, yaitu realitas empirik, rasionalitas, intuisi dan otoritas. Dengan sumber pengetahuan intuisi, melahirkan jenis pengetahuan intuitif. Hakikat pengetahuan intuitif adalah…
Jawaban Anda
A.    Pengetahuan yang didapatkan melalui olah pikir dengan pendekatan deduktif dimaka akal mengatur data-data yang dikirim oleh indera, mengolahnya dan menyusunnya hingga menjadi pengetahuan yang benar
B.    Pengetahuan yang didapatkan melalui pengalaman indrawi dan akal mengolah bahan-bahan yang diperoleh dari pengalaman dengan cara induksi
C.    Pengetahuan yang didapatkan melalui pengamatanyang memberikan kesan-kesan dan pengertian-pengertian atau ide-ide.
D.    Pengetahuan yang didapatkan memlalui salah satu jenis kemampuan nalar tinggi dengan bentuk pemunculan ide-ide terpendam di bawah sadar.
E.    Pengetahuan yang didapatkan sebagai bentuk pencapaian ilmu hudluriy yang didapatkan seseorang dengan cara pasif baik itu secara langsung dari Allah atau melalui perantara
Soal Nomor 13
Ketika al-Ghazali menjelaskan tentang tiga demensi pengenalan (ma'rifah) manusia kepada Allah dari sudut perbuatan-Nya (al-af'al), sifat (al-sifat) dan dzat-Nya (al-dzat), ia mengatakan bahwa seluruh pengetahuan manusia (dalam bentuk science) itu diambil dari samudera al-af'al. Yakni representasi perbuatan Allah yang begitu luas terbentang ke penjuru semesta yang tak terarungi. Hal ini berarti..
Jawaban Anda
A.    Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah setitik air dari samudera pengetahuan Allah Azza wa Jalla
B.    Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah hasil olah pikir para ilmuwan Muslim di masa keemasan Islam
C.    Sebagian jenis pengetahuan makhluk adalah setitik air dari samudera pengetahuan Allah SWT .
D.    Sebagian jenis pengetahuan makhluk adalah hasil dialektika para filosof Muslim di masa keemasan Islam
E.    Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah hasil eksperimen para ilmuwan Muslim di masa keemasan













Post a Comment for "CONTOH SOAL PRETEST PPG STRUKTUR KEILMUAN PAI 2022"