Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tanya jawab Tentang Pengembangan Silabus

 


Tanya jawab Tentang Materi Pengembangan Silabus

Jawablah pertanyaan-pertanyan berikut ini !

  1. Apa yang dimaksud silabus satuan pendidikan?

 SILABUS

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian

  1. Bagaimana menentukan unit kompetensi dasar pada silabus satuan pendidikan?

Dengan Mengkaji terlebih dahulu SK dan KD mata pelajaran sebagaimana tercantum pada SI, dengan memperhatikan hal-hal berikut:

-       Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI dalam tingkat

-        Keterkaitan antara SK dan KD dalam mata pelajaran

-       Keterkaitan antar KD pada mata pelajaran

-        Keterkaitan antara SK dan KD antar mata pelajaran.

  1. Bagaimana merumuskan materi pokok pada silabus satuan pendidikan?

Merumuskan Materi Pokok dari SK -KD

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

URAIAN MATERI POKOK

1.1. Membaca qur’an surat Al-Lahab dan Al-

Kafirun.

Bacaan Surat Al-Lahab

Bacaan Surat Al-Kafirun

1.  Hukum bacaan surat Al-Lahab  (madd, idgham, ikhfa’, qalqalah)

2.  Hukum bacaan surat Al-Kafirun (madd, ikhfa, idgham)

3.  Fashahah dan kelancaran bacaan Al-Qur’an surat pendek pilihan

1.2. Mengartikan qur’an surat Al-Lahab dan Al-

Kafirun

Terjemahan Surat Al-Lahab

Terjemahan Surat Al-Kafirun

1.  Kata-kata kunci dan artinya dalam Surat Al-Lahab

2.  Kata-kata kunci dan artinya dalam Surat Al-Kafirun

3.  Arti kata demi kata, ayat demi ayat Surat Al-Lahab

4.  Arti kata demi kata, ayat demi ayat Surat Al-Kafirun

5.  Isi kandungan Al-Qur’an surat pendek pilihan

 

 

 

 

  1. Isilah form Pengembangan Silabus berikut ini dengan KD  yang sudah anda pilih pada saat mengerjakan tugas Latihan Penembangan IPK pada sesi sebelumnya !

 

 

 

SILABUS MATA PELAJARAN

Satuan Pendidikan                          : SMK BUDI UTAMA PANIMBANG

Bidang Keahlian                                : Semua Bidang Keahlian

Kompetensi Keahlian                     : Semua Kompetensi Keahlian

Mata Pelajaran                                 : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Durasi (Waktu)                                 : 105 JP

Kelas/Semester                               : XI

Komptensi Inti :

·         KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

·         KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI  DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

PENILAIAN

Alokasi Waktu

SUMBER BELAJAR

1.1    Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama

v Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

·         Model-model jenis cara membaca indah Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.

·         Makna isi Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf; dengan menggunakan ICT.

·         Makna hadis yang berkaitan dengan taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.

Asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait

-        Menyimak bacaan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait.

-        Membaca Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.

-        Mencermati makna, asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.

-        Menanyakan cara membaca Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.

-        Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid, asbabun nuzul, Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

-        Menanyakan makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.

-        Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat dalam  Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.

-        Mendiskusikan cara membaca  Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105sesuai dengan kaidah tajwid.

-        Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

-        Menterjemahkan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait.

-        Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

-        Mengidentifikasi makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait.

-        Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait

-        Mendiskusikan manfat berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan kandungan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

-        Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

-        Mengaitkan sikap berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah dengan   Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

-        Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

-        Mendemonstrasikan bacaan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

-        Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105dengan fasih dan lancar.

-        Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.

-        Menyajikan makna Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait.

-        Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalam  Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait

-        Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah dengan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105serta hadis terkait.

Pengetahuan:

     Tes tertulis

Keterampilan:

Menilai hasil kerja siswa berupa pencarian ayat dan hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis, lalu menilai bacaan siswa tersebut.

 

12 JP

·         Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016

·         Internet

·         Buku refensi yang relevan,

·         LCD Proyektor

·         Film

·         Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits

·         Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud

·         Lingkungan setempat

 

2.1    Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementa-si dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait

3.1    Menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja

4.1.1    Membaca Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.1.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar

4.1.3    Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105

1.2    Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

v Q.S. al-Maidah/5: 32

·         Model-model jenis cara membaca indah Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.

·         Makna isi Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf; dengan menggunakan ICT.

·         Makna hadis yang berkaitan dengan toleransi.

 

-        Menyimak bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadis terkait.

-        Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Mencermati makna, asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Menanya

-        Menanyakan cara membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid, makna dan asbabun nuzul Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat dalam  Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Mengumpulkan Informasi

-        Mendiskusikan cara Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32sesuai dengan kaidah tajwid.

-        Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.

-        Menterjemahkan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32. 

-        Mengidentifikasi makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Mendiskusikan manfat kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10 : 40-41.

-        Mendiskusikan manfat menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32.

-        Mengasosiasi

-        Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.

-        Mengaitkan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32.

-        Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.

-        Mengomunikasikan

-        Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

-        Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32dengan fasih dan lancar.

-        Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.

-        Menyajikan makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.

-        Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalam Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadis terkait.

-        Menyajikan paparan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadis terkait.

Pengetahuan:

             Wawancara

Keterampilan:

             Unjuk kerja

12 JP

·         Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016

·         Internet

·         Buku refensi yang relevan,

·         LCD Proyektor

·         Film

·         Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits

·         Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud

Lingkungan setempat

2.2    Bersikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta Hadis terkait

3.2    Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

4.2.1    Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar

4.2.3    Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah/5: 32

1.3    Meyakini adanya kitab-kitab suci Allah Swt.

v Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

·         Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

·         Dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

·         Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

·         Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

 

-        Membaca teks bacaan tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan keimanan kepada kitab-kitab Allah Swt.

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang Iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

-        Mencermati dalil-dalil tentang Iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

-        Mencermati hikmah dan manfaat dari beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

-        Menanyakan makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

-        Menanyakan ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

-        Menanyakan keterkaitan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt dengan perilaku peduli kepada orang lain dengan saling menasihati.

-        Menanyakan hikmah dan manfaat dari beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

-        Mendiskusikan makna beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan kitab-kitab suci Allah Swt. 

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Menganalisis makna beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Menganalisis tanda-tanda orang yang beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Mengaitkan sikap kaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati.

-        Menganalisis hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Menyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati.

-        Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

-        Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati.

Pengetahuan:

     Tes tertulis

Keterampilan:

     Unjuk kerja

     Portofolio

 

12 JP

·         Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016

·         Internet

·         Buku refensi yang relevan,

·         LCD Proyektor

·         Film

·         Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits

·         Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud

·         Lingkungan setempat

 

2.3    Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

3.3    Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

4.3    Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt., dengan perilaku sehari-hari

1.4    Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.

v Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

·         Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.

·         Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.

Keteladanan Nabi Muhammad SAW. dalam kehidupan

-        Membaca teks bacaan tentang iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan keimanan kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Mencermati dalil-dalil tentang iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Mencermati hikmah dan manfaat iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menanyakan iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menanyakan ciri-ciri orang beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menanyakan hikmah dan manfaat iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menanyakan keterkaitan beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling menolong.

-        Mendiskusikan makna beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan Rasul-rasul Allah Swt.

-        Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan Rasul-rasul Allah Swt. 

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menganalisis makna iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menganalisis tanda-tanda orang yang beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Mengaitkan sikap kaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong.

-        Menganalisis hikmah dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong.

-        Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

-        Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong.

Pengetahuan:

     Wawancara

     Observasi diskusi

Keterampilan:

     Unjuk kerja

     Observasi

Portofolio

9 JP

·         Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016

·         Internet

·         Buku refensi yang relevan,

·         LCD Proyektor

·         Film Pedek

·         Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits

·         Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud

Lingkungan setempat

2.4    Menunjukkan perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.

3.4    Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

4.4    Menyajikan kaitan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah

1.5    Meyakini bahwa Islam mengharus-kan umatnya untuk memiliki sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran

v Syaja’ah (berani membela kebenaran)

·         Dalil-dalil tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·         Hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·         Makna Syaja’ah (berani membela kebenaran).

Ciri-ciri orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Membaca teks bacaan tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Mencermati dalil-dalil tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Mencermati hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menanyakan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menanyakan ciri-ciri orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menanyakan hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Mendiskusikan makna Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran)..

-        Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).  

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menganalisis tanda-tanda orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menganalisis hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menyimpulkan hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

-        Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat dari sifat hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

Pengetahuan:

     Wawancara

Keterampilan:

     Unjuk kerja

Portofolio

12 JP

·         Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016

·         Internet

·         Buku refensi yang relevan,

·         LCD Proyektor

·         Film Tawuran Pelajar

·         Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits

·         Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud

Lingkungan setempat

2.5    Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran

3.5    Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari

4.5    Menyajikan kaitan antara syaja’ah (berani membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

1.6    Meyakini bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama

v Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

·         Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

·         Q.S. al Isrā’ /17: 23-24

Kisah-kisah tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

-        Membaca teks bacaan tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Mencermati dalil-dalil tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Mencermati hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menanyakan makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menanyakan hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Mendiskusikan makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menganalisis makna hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menganalisis dalil-dalil tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menganalisis hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menyimpulkan hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

-        Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

Pengetahuan:

     Wawancara

Keterampilan:

     Unjuk kerja

Portofolio

9 JP

·         Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016

·         Internet

·         Buku refensi yang relevan,

·         LCD Proyektor

·         Film hijrah

·         Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits

·         Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud

·         Lingkungan setempat

 

 

2.6    Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait

3.6    Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

4.6    Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait

1.7    Menerapkan penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam

v penyelenggaraan jenazah

·         Dalil- dalil al-Qur’ãn dan hadis tentang kepedulian terhadap jenazah

·         Praktik penyelenggaraan jenazah

Hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah

-        Membaca teks tentang tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan tatacara penyelenggaraan jenazah. 

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Mencermati dalil-dalil tentang tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Mencermati tahapan penyelenggaran jenazah.

-        Mencermati hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Menanyakan makna tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Menanyakan tahapan-tahapan dalam penyelenggaraan jenazah.

-        Menanyakan hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Mendiskusikan makna tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan dengan tatacara penyelenggaraan jenazah

-        Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan dengan tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Menganalisis makna tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Menganalisis hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Menyimpulkan hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh tatacara penyelenggaraan jenazah.

-        Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

Pengetahuan:

             Tes tertulis

             Wawancara

Keterampilan:

             Unjuk kerja

9 JP

·         Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016

·         Internet

·         Buku refensi yang relevan,

·         LCD Proyektor

·         turial

·         Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits

·         Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud

·         Lingkungan setempat

 

 

2.7    Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kerja sama dalam penyelenggaraan jenazah di masyarakat

 

3.7    Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah

4.7    Menyajikan prosedur penyelenggaraan jenazah

1.8    Menerapkan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah di masyarakat sesuai dengan syariat Islam

v Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

·         Dalil-dalil al-Qur’ãn dan hadis tentang khutbah, tabl³g dan dakwah.

·         Hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

 

-        Membaca teks tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Mencermati dalil-dalil tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Mencermati hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menanyakan makna khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menanyakan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menanyakan hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Mendiskusikan makna khutbah, tablig dan dakwah.

-        Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan dengan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan dengan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menganalisis makna dan dalil-dalil khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menganalisis ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menyimpulkan hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menyajikan paparan tentang makna dan dalil tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

-        Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

Pengetahuan:

             Tes tertulis

             Wawancara

Keterampilan:

             Unjuk kerja

Observasi

6 JP

  • Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
  • Internet
  • Buku refensi yang relevan,
  • LCD Proyektor
  • Film
  • Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
  • Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
  • Lingkungan setempat

 

 

2.8    Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig, dan dakwah

3.8    Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah

4.8    Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah

1.9    Menerapkan prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam

v Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

·         Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang Ekonomi Islam.

·         Pruduk-produk ekonomi syari’ah yang ada di lembaga keuangan mikro dan makro syari’ah.

 

-        Membaca teks tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Mencermati dalil-dalil tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Mencermati hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menanyakan makna prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menanyakan ketentuan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menanyakan dalil-dalil yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menanyakan hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Mendiskusikan makna prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menganalisis makna prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menganalisis prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menganalisis hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menyimpulkan hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menyajikan paparan tentang makna dan dalil tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

-        Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

Pengetahuan:

             Tes tertulis

             Wawancara

Keterampilan:

             Unjuk kerja

Observasi

6 JP

  • Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
  • Internet
  • Buku refensi yang relevan,
  • LCD Proyektor
  • Film
  • Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
  • Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
  • Lingkungan setempat

 

 

2.9    Bekerja sama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam

3.9    Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

4.9    Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

1.10 Mengakui bahwa nilai-nilai islam dapat mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan

v Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

·         Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

·         Contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

Hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

-        Membaca teks tentang perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Mencermati hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menanyakan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menanyakan contoh perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menanyakan hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Mendiskusikan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 

-        Mengidentifikasi contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Mendiskusikan contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menganalisis contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menganalisis hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menyimpulkan hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menyajikan paparan tentang contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

-        Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

Pengetahuan:

             Tes tertulis

             Wawancara

Keterampilan:

             Unjuk kerja

Observasi

9 JP

  • Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
  • Internet
  • Buku refensi yang relevan,
  • LCD Proyektor
  • Film
  • Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
  • Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
  • Lingkungan setempat

 

 

2.10 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai-nilai perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

3.10 Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

4.10 Menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaruhinya

1.11 Mempertahankan keyakinan yang benar sesuai ajaran islam dalam sejarah peradaban Islam pada masa modern

v Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

·         Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

·         Faktor-faktor yang memengaruhi kemunduran umat Islam.

·         Faktor-faktor yang memengaruhi kebangkitan umat Islam.

Hikmah dari perkembangan Islam pada masa modern

-        Membaca teks tentang perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menyimak tayangan atau penjelasan tentang perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Mencermati faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Mencermati hikmah dan manfaat perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menanyakan perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menanyakan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menanyakan hikmah dan manfaat perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Mendiskusikan perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang). 

-        Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Mengidentifikasi hikmah dan manfaat perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Mendiskusikan hikmah dan manfaat perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menganalisis perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menganalisis hikmah dan manfaat dari faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menyimpulkan hikmah dan manfaat faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menyajikan paparan tentang faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

-        Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

 

Pengetahuan:

     Tes tertulis

Keterampilan:

     Unjuk kerja

     Portofolio

 

9 JP

  • Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
  • Internet
  • Buku refensi yang relevan,
  • LCD Proyektor
  • Film
  • Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
  • Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
  • Lingkungan setempat

 

 

2.11 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi nilai-nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern

3.11 Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

4.11.1 Menyajikan prinsip-prinsip perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)

4.11.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern

  • Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
  • Internet
  • Buku refensi yang relevan,
  • LCD Proyektor
  • Film
  • Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
  • Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
  • Lingkungan setempat

 

 

 

 

 

Post a Comment for "Tanya jawab Tentang Pengembangan Silabus"