Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan
sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi
dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian
Bagaimana menentukan
unit kompetensi dasar pada silabus satuan pendidikan?
Dengan Mengkaji
terlebih dahulu SK dan KD mata pelajaran sebagaimana tercantum pada SI,
dengan memperhatikan hal-hal berikut:
-Urutan
berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi,
tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI dalam tingkat
-Keterkaitan antara SK dan KD dalam
mata pelajaran
-Keterkaitan
antar KD pada mata pelajaran
-Keterkaitan antara SK dan KD antar
mata pelajaran.
Bagaimana merumuskan
materi pokok pada silabus satuan pendidikan?
4. Arti
katademi kata,ayatdemi
ayatSurat Al-Kafirun
5. Isi kandunganAl-Qur’ansurat pendekpilihan
Isilah form
Pengembangan Silabus berikut ini dengan KD yang sudah anda pilih
pada saat mengerjakan tugas Latihan Penembangan IPK pada sesi sebelumnya
!
SILABUS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan:
SMK BUDI UTAMA PANIMBANG
Bidang
Keahlian: Semua Bidang Keahlian
Kompetensi
Keahlian: Semua Kompetensi Keahlian
Mata
Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Durasi
(Waktu): 105 JP
Kelas/Semester: XI
Komptensi Inti :
·KI-1:Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
·KI-2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
·KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
·KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSIDASAR
MATERI
POKOK
KEGIATANPEMBELAJARAN
PENILAIAN
Alokasi
Waktu
SUMBER
BELAJAR
1.1 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
vQ.S.
al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at
Taubah /9: 105.
·Model-model jenis cara membaca indah Q.S.
an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai
dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
·Makna isi Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S.
al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan
makhrajul huruf; dengan menggunakan ICT.
·Makna
hadis yang berkaitan dengan taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
Asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada
Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis
terkait
-Menyimak bacaan Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105
serta hadis terkait.
-Membaca Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105serta hadis terkait.
-Mencermati makna,
asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105serta hadis terkait.
-Menanyakan cara membaca Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105serta hadis terkait.
-Mengajukan pertanyaan tentang
hukum tajwid, asbabun nuzul, Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105.
-Menanyakan makna Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105serta hadis terkait.
-Menanyakan pesan-pesan utama
yang terdapat dalamQ.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105serta hadis terkait.
-Mendiskusikan cara
membacaQ.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105sesuai dengan kaidah tajwid.
-Mengidentifikasi hukum bacaan
(tajwid) Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105.
-Menterjemahkan Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105
serta hadis terkait.
-Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105.
-Mengidentifikasi makna Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105
serta hadis terkait.
-Mendiskusikan pesan-pesan yang
terkandung paqda Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105serta hadis terkait
-Mendiskusikan manfat
berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah
sesuai dengan kandungan Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105.
-Menganalisis hukum bacaan,
makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105.
-Mengaitkan sikap berkompetisi
dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah denganQ.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105.
-Menyimpulkan hukum bacaan,
makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105.
-Mendemonstrasikan bacaan Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
-Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105dengan fasih dan lancar.
-Menyajikan hukum bacaan yang
terdapat pada Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105.
-Menyajikan makna Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105
serta hadis terkait.
-Menyajikan pesan-pesan, hikmah
dan manfaat yang terkandung dalamQ.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9: 105
serta hadis terkait
-Menyajikan paparan keterkaitan
antara sikap berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap
ketentuan Allah dengan Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59;
dan Q.S. at Taubah /9:
105serta hadis terkait.
Pengetahuan:
●Tes
tertulis
Keterampilan:
Menilai hasil kerja siswa berupa pencarian
ayat dan hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis, lalu menilai bacaan siswa tersebut.
12 JP
·Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun
2016
·Internet
·Buku refensi yang relevan,
·LCD Proyektor
·Film
·Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
·Lingkungan setempat
2.1 Bersikap
taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras
sebagai implementa-si dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4:
59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait
3.1 Menganalisis
makna Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 :
105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan
etos kerja
4.1.1 Membaca Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S.
at-Taubah/9 : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S.
an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar
4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam
kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S.
al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105
1.2 Meyakini
bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari
tindak kekerasan
vQ.S. al-Maidah/5: 32
·Model-model
jenis cara membaca indah Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32
sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
·Makna
isi Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 sesuai dengan kaidah
tajwĩd dan makhrajul huruf; dengan menggunakan ICT.
·Makna
hadis yang berkaitan dengan toleransi.
-Menyimak bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadis terkait.
-Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
-Mencermati makna,
asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
-Menanya
-Menanyakan cara membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
-Mengajukan pertanyaan tentang
hukum tajwid, makna dan asbabun nuzul Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
-Menanyakan pesan-pesan utama
yang terdapat dalamQ.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
-Mengumpulkan Informasi
-Mendiskusikan cara Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32sesuai dengan kaidah tajwid.
-Mengidentifikasi hukum bacaan
(tajwid) Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
-Menterjemahkan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
-Mengidentifikasi makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
-Mendiskusikan pesan-pesan yang
terkandung paqda Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5: 32serta
hadis terkait.
-Mendiskusikan manfat kerukunan
dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10 : 40-41.
-Mendiskusikan manfat
menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32.
-Mengasosiasi
-Menganalisis hukum bacaan,
makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
-Mengaitkan antara kerukunan
dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10:
40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5: 32.
-Menyimpulkan hukum bacaan,
makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
-Mengomunikasikan
-Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
-Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32dengan fasih dan lancar.
-Menyajikan hukum bacaan yang
terdapat pada Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32.
-Menyajikan makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32serta hadis terkait.
-Menyajikan pesan-pesan, hikmah
dan manfaat yang terkandung dalam Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta hadis terkait.
-Menyajikan paparan keterkaitan
antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai
pesan Q.S. al-Maidah/5: 32 serta
hadis terkait.
Pengetahuan:
●Wawancara
Keterampilan:
●Unjuk
kerja
12 JP
·Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun
2016
·Internet
·Buku refensi yang relevan,
·LCD Proyektor
·Film
·Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
Lingkungan setempat
2.2 Bersikap
toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai
implementasi pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32,
serta Hadis terkait
3.2 Menganalisis
makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta Hadis tentang
toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
4.2.1 Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar
4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai
pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan
Q.S. Al-Maidah/5: 32
1.3 Meyakini
adanya kitab-kitab suci Allah Swt.
vIman
kepada Kitab-kitab Allah Swt.
·Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
·Dalil naqli tentang iman kepada
kitab-kitab Allah Swt.
·Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab
Allah Swt.
·Hikmah dan manfaat beriman kepada
kitab-kitab suci Allah Swt.
-Membaca teks bacaan tentang
iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
-Mengamati gambar, peristiwa,
atau penomena alam terkait dengan keimanan kepada kitab-kitab Allah Swt.
-Menyimak tayangan atau
penjelasan tentang Iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
-Mencermati dalil-dalil tentang
Iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
-Mencermati hikmah dan manfaat
dari beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
-Menanyakan makna iman kepada
kitab-kitab Allah Swt.
-Menanyakan ciri-ciri orang
beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
-Menanyakan keterkaitan beriman
kepada kitab-kitab Allah Swt dengan perilaku peduli kepada orang lain
dengan saling menasihati.
-Menanyakan hikmah dan manfaat
dari beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
-Mendiskusikan makna beriman
kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
-Mengidentifikasi tanda-tanda
orang yang beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
-Mengidentifikasi dalil-dali
yang berkaitan dengan kitab-kitab suci Allah Swt.
-Mendiskusikan dalil-dali yang
berkaitan dengan kitab-kitab suci Allah Swt.
-Mengidentifikasi hikmah dan
manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
-Mendiskusikan hikmah dan
manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
-Menganalisis makna beriman
kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
-Menganalisis tanda-tanda orang
yang beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
-Mengaitkan sikap kaitan antara
beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada
orang lain dan saling menasihati.
-Menganalisis hikmah dan
manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.
-Menyimpulkan keterkaitan
antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli
kepada orang lain dan saling menasihati.
-Menyajikan paparan tentang
makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci
Allah Swt.
-Menyajikan paparan keterkaitan
antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli
kepada orang lain dan saling menasihati.
Pengetahuan:
●Tes
tertulis
Keterampilan:
●Unjuk
kerja
●Portofolio
12 JP
·Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun
2016
·Internet
·Buku refensi yang relevan,
·LCD Proyektor
·Film
·Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
·Lingkungan setempat
2.3 Peduli
kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada
kitab-kitab Allah Swt.
3.3 Menganalisis
makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.3 Menyajikan
keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt., dengan
perilaku sehari-hari
1.4 Meyakini
adanya rasul-rasul Allah Swt.
vIman
kepada Rasul-rasul Allah Swt.
·Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
beriman kepada rasul-rasul Allah Swt.
·Muhammad SAW. sebagai penutup para nabi.
Keteladanan Nabi
Muhammad SAW. dalam kehidupan
-Membaca teks bacaan tentang
iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Mengamati gambar, peristiwa,
atau penomena alam terkait dengan keimanan kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Menyimak tayangan atau
penjelasan tentang iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Mencermati dalil-dalil tentang
iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Mencermati hikmah dan manfaat
iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Menanyakan iman kepada
Rasul-rasul Allah Swt.
-Menanyakan ciri-ciri orang
beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Menanyakan hikmah dan manfaat
iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Menanyakan keterkaitan beriman
kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling menolong.
-Mendiskusikan makna beriman
kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Mengidentifikasi tanda-tanda
orang yang beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Mengidentifikasi dalil-dali
yang berkaitan dengan Rasul-rasul Allah Swt.
-Mendiskusikan dalil-dali yang
berkaitan dengan Rasul-rasul Allah Swt.
-Mengidentifikasi hikmah dan
manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Mendiskusikan hikmah dan
manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Menganalisis makna iman kepada
Rasul-rasul Allah Swt.
-Menganalisis tanda-tanda orang
yang beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Mengaitkan sikap kaitan antara
beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong
menolong.
-Menganalisis hikmah dan
manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
-Menyimpulkan keterkaitan
antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong
menolong.
-Menyajikan paparan tentang
makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah
Swt.
-Menyajikan paparan keterkaitan
antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong
menolong.
Pengetahuan:
●Wawancara
●Observasi
diskusi
Keterampilan:
●Unjuk
kerja
●Observasi
Portofolio
9 JP
·Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun
2016
·Internet
·Buku refensi yang relevan,
·LCD Proyektor
·Film Pedek
·Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
Lingkungan setempat
2.4 Menunjukkan
perilaku saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah
Swt.
3.4 Menganalisis
makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
4.4 Menyajikan
kaitan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam
bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah
1.5 Meyakini
bahwa Islam mengharus-kan umatnya untuk memiliki sifat syaja’ah (berani
membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
vSyaja’ah (berani membela
kebenaran)
·Dalil-dalil tentang Syaja’ah (berani
membela kebenaran).
·Hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
·Makna Syaja’ah (berani membela kebenaran).
Ciri-ciri orang yang
memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
-Membaca teks bacaan tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).
-Mengamati gambar, peristiwa,
atau penomena alam terkait dengan Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
-Menyimak tayangan atau
penjelasan tentang Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
-Mencermati dalil-dalil tentang
Syaja’ah (berani membela kebenaran).
-Mencermati hikmah dan manfaat
dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
-Menganalisis tanda-tanda orang
yang memiliki sifat Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
-Menganalisis hikmah dan
manfaat sifat Syaja’ah (berani
membela kebenaran).
-Menyimpulkan hikmah dan
manfaat sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
-Menyajikan paparan tentang
makna, dalil, dan contoh sifat Syaja’ah
(berani membela kebenaran).
-Menyajikan paparan tentang
hikmah dan manfaat dari sifat hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).
Pengetahuan:
●Wawancara
Keterampilan:
●Unjuk
kerja
Portofolio
12 JP
·Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun
2016
·Internet
·Buku refensi yang relevan,
·LCD Proyektor
·Film Tawuran Pelajar
·Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
Lingkungan setempat
2.5 Menunjukkan
sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran
3.5 Menganalisis
makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
4.5 Menyajikan
kaitan antara syaja’ah (berani membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan
kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
1.6 Meyakini
bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
vHormat
dan patuh kepada orangtua dan guru
·Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
·Q.S. al Isrā’ /17: 23-24
Kisah-kisah tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
-Membaca teks bacaan tentang
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Mengamati gambar, peristiwa,
atau penomena alam terkait dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
-Menyimak tayangan atau
penjelasan tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Mencermati dalil-dalil tentang
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Mencermati hikmah dan manfaat
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Menanyakan makna hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru.
-Menanyakan dalil-dalil yang
berkaitan dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Menanyakan hikmah dan manfaat
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Mendiskusikan makna hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru.
-Mengidentifikasi dalil-dali
yang berkaitan dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Mendiskusikan dalil-dali yang
berkaitan dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Mengidentifikasi hikmah dan
manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Mendiskusikan hikmah dan
manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Menganalisis makna hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru.
-Menganalisis dalil-dalil
tentang hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Menganalisis hikmah dan
manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Menyimpulkan hikmah dan
manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Menyajikan paparan tentang makna,
dalil, dan contoh hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
-Menyajikan paparan tentang
hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
Pengetahuan:
●Wawancara
Keterampilan:
●Unjuk
kerja
Portofolio
9 JP
·Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun
2016
·Internet
·Buku refensi yang relevan,
·LCD Proyektor
·Film hijrah
·Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
·Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
·Lingkungan setempat
2.6 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi
pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
3.6 Menganalisis
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
4.6 Menyajikan
kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
1.7 Menerapkan
penyelenggaraan jenazah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
vpenyelenggaraan
jenazah
·Dalil- dalil al-Qur’ãn dan hadis tentang
kepedulian terhadap jenazah
·Praktik penyelenggaraan jenazah
Hikmah dan manfaat
tatacara penyelenggaraan jenazah
-Membaca teks tentang tatacara
penyelenggaraan jenazah.
-Mengamati gambar, peristiwa,
atau penomena alam yang terkait dengan tatacara penyelenggaraan
jenazah.
-Menyimak tayangan atau
penjelasan tentang tatacara penyelenggaraan jenazah.
-Mencermati dalil-dalil tentang
tatacara penyelenggaraan jenazah.
-Mencermati tahapan
penyelenggaran jenazah.
-Mencermati hikmah dan manfaat
tatacara penyelenggaraan jenazah.
Post a Comment for "Tanya jawab Tentang Pengembangan Silabus"