Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN KE DALAM RPP

 


 INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN KE DALAM RPP (Discovery learning)

Untuk menyajikan materi pembelajaran, seorang guru memerlukan model pembelajaran /pola yang harus dipedomani/dijalankan  selama proses pembelajaran berlangsung.  Model/pola tersebut diintegrasikan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam diklat ini yang dipakai adalah RPP yang terdapat di dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.  Hal ini mohon bapak ibu ikuti untuk kepentingan penilaian tugas bapak ibu dalam merancang kegiatan pembelajaran dengan model-model pembelajaran yang dilatihkan. Silahkan bapak ibu membaca Komponen RPP terutama halaman 6 sampai dengan 12. Berikut upaya tutor dalam mengintegrasikan model penemuan ke dalam RPP. Disajikan sedemikian rupa agar mudah diikuti. Tutor menuliskan pernyataan yang terdapat di dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 diikuti dengan pernyataan/contoh yang bapak ibu tulis di dalam RPPnya.

Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 sebagai berikut:

       

a.    identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

b.    identitas mata pelajaran atau tema/subtema;

c.    kelas/semester;

d.    materi pokok;

e.    alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : Dituliskan nama satuan pendidikan

Mata pelajaran          : Dituliskan nama mata pelajaran

Kelas/semester           : Dituliskan Kelas dan semester

Materi pokok             : Dituliskan materi sesuai dengan yang tercantum dalam KD-KI3

Alokasi waktu           : Dituliskan jumlah seluruh JP untuk 1 RPP, dilihat dari hasil   pemetaan.

 

f.     tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

Berdasarkan pernyataan poin f, penulisan tujuan pembelajaran :

1)    Menggunakan KD dari masing-masing mata pelajaran

2)    Kata kerja yang digunakan adalah kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur. Ada kata kerja yang digunakan dalam KD yang tidak dapat diamati dan diukur yaitu: “memahami”. Kata kerja ini hendaknya jangan dipakai untuk menuliskan tujuan pembelajaran. Silahkan diganti dengan kata operasional, misalnya “menjelaskan”

3)    Untuk aspek pengetahuan, bapak ibu cukup mengcopy paste KD dari KI 3 dan untuk aspek keterampilan, cukup mengcopy paste KD dari KI 4. Adapun untuk aspek sikap, bapak ibu diberikan keleluasaan untuk menentukan sendiri kata sifat yang akan bapak ibu pilih dan gunakan untuk menentukan kualitas aktivitas atau produk yang dicapai siswa siswi. Contoh: cermat, tepat, rapih percaya diri, disiplin, tanggungjawab, toleran, peduli dan lain sebagainya.

 

A.    Tujuan pembelajaran

 

1.      Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati dengan cermat.

2.      Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati dengan tanggungjawab dan percaya diri.


g.      kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi

Penulisan Kompetensi Dasar  (KD) dan Indikator sebaiknya menggunakan tabel sebagai berikut. Selain Pendidikan Agama dan PPKn, penulisan Kompetensi Dasar dan Indikator dimulai dari KD KI 3 dan KD KI 4:

B.     Kompetensi dasar dan indikator

 

KI

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1

 

 

2

 

 

3

3.2.Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.

 

3.2.1.      Mengidentifikasi makhluk hidup dan tak hidup

3.2.2.      Menjelaskan benda benda di sekitar yang bersifat alamiah.

3.2.3.      Menjelaskan bendabenda di sekitar yang bersifat buatan manusia.

3.2.4.      Menjelaskan benda benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.

3.2.5.      Menjelaskan ciri-ciri   makhluk  hidup dan ciri-ciri makhluk tak hidup

3.2.6.      Menjelaskan cara pengelompokkan tumbuh-tumbuhan

3.2.7.      Menjelaskan cara pengelompokkan hewan

3.2.8.      Menjelaskan  klasifikasi dikotom dan kunci diterminasi

3.2.9.      Menjelaskan kelompok makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopik)

3.2.10.  Menjelaskan bagian-bagian mikroskop

3.2.11.  Menjelaskan cara penggunaan mikroskop

 

4

4.2.Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.

 

4.2.1.      Menyusun klasifikasi makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati (rumah, kebun, kolam, dsb).

4.2.2.      Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati(rumah, kebun, kolam, dsb). .

 

h.   materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi

 

C.    Materi pembelajaran

 

3.2.1.      Makhluk hidup dan tak hidup

3.2.2.      Benda benda di sekitar yang bersifat alamiah.

3.2.3.      Benda benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.

3.2.4.      Benda benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.

3.2.5.      Ciri-ciri   makhluk  hidup dan ciri-ciri makhluk tak hidup

3.2.6.      Cara pengelompokkan tumbuh-tumbuhan

3.2.7.      Cara pengelompokkan hewan

3.2.8.      Klasifikasi dikotom dan kunci diterminasi

3.2.9.      Kelompok makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopik)

3.2.10.  Bagian-bagian mikroskop

3.2.11.  Cara penggunaan mikroskop

 

 

i.     metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;

 

D.    Metode Pembelajaran

·         Tanya jawab

·         penugasan

·         Diskusi

·         Presentasi

·         Curah pendapat

 

j.     media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran

 

E.     Media Pembelajaran

·         Lembar kerja siswa

·         LCD

·         Benda

·         Gambar

·         Dll

k.    sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

 

F.     Sumber belajar

·         Buku paket

·         Buku sumber lainnya

·         Youtube

·         Alam sekitar

 

l.     langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup

 

1.      Bagian Pendahuluan

 

Dalam kegiatan pendahuluan, guru wajib:

a.       menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, kegiatannya antara lain:

 

·         Berdoa (psikis)

·         games ringan, anekdot, cerita singkat, dll. (psikis)

·         mengabsen (fisik)

·         cek kerapihan siswa dan ruangan kelas (fisik)

 

b.      memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;

 

·         Manfaat yang kalian akan dapatkan dengan mempelajari makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristikanya, kalian akan mengenal berbagai makhluk hidup dan dapat memanfaatkannya, misalnya kalian bisa beternak untuk memperoleh daging dan susu dan memelihara  hewan kesayangan. Kalian bisa menanam tanaman untuk dipetik daun dan buahnya.  Adapun benda-benda di sekeliling kalian, dapat kalian gunakan untuk hiasan rumah dan pekarangan.

 

c.       mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

Ajukan beberapa pertanyaan sesuai indikator pelajaran terdahulu.

 

1. …?

2. …?

 

d.    menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan

 

“Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah

 

1.      Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati dengan cermat.

2.      Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati dengan tanggungjawab dan percaya diri”.

 

e.       menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.:

 

a.       Cakupan materi: makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati. Antara lain:

 

1)       Makhluk hidup dan tak hidup.

2)       Benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah.

3)       Benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.

4)       Benda-benda yang bersifat sederhana dan bersifat kompleks

 

b.      Urain kegiatan sesuai silabus

 

 

2.      Bagian Inti

 

 

“Untuk mempelajari materi / kompetensi dasar ini, kita akan menggunakan model pembelajaran berdasarkan penemuan. Ada enam langkah kegiatan yaitu: 1) pemberian stimulus, 2)  membuat rumusan masalah,  3) mengumpulkan data,  4) mengolah  data,  5) memverifikasi data/menyajikan data dan 6 membuat kesimpulan.

 

(Fase 1 : Pemberian Stimulus)

 

“ Pertama, saya meminta kalian membaca buku paket hal ... sd ... tentang makhluk hidup dan benda-benda yang ada di sekitar”

Di RPP bapa ibu dapat menuliskan redaksinya sebagai berikut:

1.      Guru meminta siswa menyaksikan video berkenaan dengan makhluk hidup dan benda-benda yang ada di sekitar

2.      Guru meminta siswa membaca buku paket hal ... sd ... tentang makhluk hidup dan benda-benda yang ada di sekitar.

3.      Guru meminta siswa memperhatikan hitungan/bacaan/naskah/dialog dan lain sebagainya (silahkan sesuaikan dengan tuntutan KD masing-masing mapel)

(Fase 2 Membuat rumusan masalah)

 

“Untuk memahami materi ini, mari kita bersama merumuskan masalah, dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan materi”.

 

Guru memfasilitasi siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaan mengacu kepada rumusan indikator dan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut terdapat di dalam buku paket atau disumber belajar lainnya. Misalnya:

 

1.      Apakah makhluk hidup? Sebutkan contohnya!

2.      Apakah makhluk tak hidup? Sebutkan contohnya!

3.      Benda-benda apa saja disekitar yang bersifat alamiah?

4.      Benda-benda apa saja di sekitar yang bersifat buatan manusia?

5.      Benda-benda apa saja di sekitar yang bersifat komplek?

6.      Benda-benda apa saja di sekitar yang bersifat sederhana?

7.      Dst. (sesuai dengan lingkup indikator yang akan dicapai pada pertemuan pertama)

 

Fase 3: Mengumpulkan Data

 

“Silahkan kalian buka kembali buku paket  atau buku sumber lainnya untuk mencari data/informasi terkait dengan pertanyaan-pertanyaan”

 

Siswa diminta mencari /mengeksplorasi jawaban atas pertanyaan tersebut di buku paket atau dengan membaca sumber lain. Misalnya:

 

1.      Makhluk hidup ….Contohnya…..

2.      Makhluk tak hidup…..Contohnya….

3.      Benda-benda  disekitar yang bersifat alamiah….

4.      Benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia….

5.      Benda-benda  di sekitar yang bersifat sederhana…..

6.      Benda-benda di sekitar yang bersifat kompleks….

 

 

(Fase 4: Mengolah data/jawaban)

 

“Silahkan kalian olah informasi yang kalian peroleh ke dalam bentuk teks penjelasan yang memuat semua informasi yang kalian peroleh, kalian gunakan konsep elaborasi untuk mengembangkan teks penjelasan”

 

Siswa mengolah jawaban ke dalam bentuk teks yang memuat informasi tentang cakupan indikator yang dipelajari pada pertemuan tersebut. Arahkan siswa menggunakan konsep elaborasi untuk membantu mereka menyelesaikan tugas. Biarkan mereka berimajinasi dan berkreasi membangun pengetahuan tentang benda hidup dan tak hidup di sekitar dan dituangkan dalam sebuat teks. Hasil olahan data antara siswa yang satu dengan siswa yang lain akan berbeda sesuai dengan kemampuan mereka mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (elaborasi).

 

Pada dasarnya siswa dapat mengolah data yang ia kumpulkan menjadi aneka bentuk/ aneka kemasan produk belajar: bisa berupa teks deskripsi/narasi/penjelasan, hitungan-hitungan (matematika /fisika/kimia), gambar, bagan, peta konsep, power point, video, kinemaster, naskah drama dan lain sebagainya. Guru dapat menentukan kemasan hasil produk  belajar siswa.

 

Hasil olah data siswa pada fase 3 dalam bentuk teks, Misalnya  adalah :

 

Alam raya yang maha luas ini  ini diisi oleh dua makhluk, yaitu makhluk hidup dan tak hidup. Makhluk hidup adalah …. Mereka terdiri dari …. Mahkluk tak hidup adalah…. Mereka terdiri dari …. Di samping itu alam raya ini diisi pula oleh benda-benda. Ada benda yang bersifat alamiah dan buatan manusia. Benda-benda yang alamiah ….dan benda-benda buatan manusia …. Benda-denda tersebut ada yang bersifat sederhana  da nada pula yang bersifat komplek. Benda yang sederhana … dan benda yang kompleks … dst.

 

Teks penjelasan dapat dielaborasi dengan menambahkan : gambar, animasi, video, dalil, dan lain sebagainya guna mendukung perkembangan kreativitas, inovasi, daya kritis dan lain sebagainya.

 

(Fase  5 : Memverifikasi /mengkomunikasikan)

 

Guru mempersilahkan siswa produk belajarnya yang berupa teks , misalnya:

 

Alam raya ini didiami  oleh dua makhluk, yaitu makhluk hidup dan tak hidup. Makhluk hidup adalah …. Mereka terdiri dari …. Mahkluk tak hidup adalah…. Mereka terdiri dari …. Di samping itu alam raya ini diisi pula oleh benda-benda. Ada benda yang bersifat alamiah dan buatan manusia. Benda-benda yang alamiah ….dan benda-benda buatan manusia …. Benda-denda tersebut ada yang bersifat sederhana  da nada pula yang bersifat komplek. Benda yang sederhana … dan benda yang kompleks … dst.

 

Presentasi dapat dilakukan dengan menggunakan media yang tersedia

 

NB: Walaupun indikator yang akan dicapai sama, namun setiap siswa / kelompok akan berbeda dalam mengolah informasi / data, sehingga  teks yang dihasilkan akan menggunakan gaya bahasa, infomasi, tampilan dan lain-lain  berbeda-beda. Ini yang menarik          

 

(Fase 6 : Penarikan kesimpulan)

Guru dan siswa  menyimpulkan pembelajaran.

 

3.      Bagian Penutup

 

a.       Refleksi  (mengungkapkan manfaat langsung dari hasil belajaran) ;

b.      Umpan balik dari proses pembelajaran;

c.       Penugasan;

d.      Tes:

 

4.   penilaian hasil pembelajaran

 

a)      Sikap : pengamatan

           

No

 

Nama

Aspek

Cermat

Percaya diri

Tanggung jawab

….

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

dsb

 

 

 

 

 

           

Nb. Penilaian sikap terutama ditujukan kepada siswa yang berlerilaku kurang dan lebih saja. Siswa kebanyakan dinyatakan baik. Siswa yang berperilaku kurang hendaklah diberikan arahan agar tidak menunjukkan sikap tersebut pada kegiatan berikutnya. Sedangkan siswa yang berperilaku lebih diberikan penghargaan agar dapat dipertahanakan.

 

 

 

b)      Pengetahuan :

 

1.      Apakah makhluk hidup? Sebutkan contohnya!

2)      Apakah makhluk tak hidup? Sebutkan contohnya!

3)      Benda-benda apa saja disekitar yang bersifat alamiah?

4)      Benda-benda apa saja di sekitar yang bersifat buatan manusia?

5)      Benda-benda apa saja di sekitar yang bersifat komplek?

6)      Benda-benda apa saja di sekitar yang bersifat sederhana?

 

Nb. Penilain soal dengan memperhatikan bobot soal sesuai dengan tingkatannya, C1, C2, C3, C4, C5 dan C6.

 

c)      Kinerja

Penilaian kinerja memerlukan kreteria atau rubrik. Oleh karena itu, silahkan dibuatkan kreteria/rubrik untuk penilaian kinerja presentasi ketika siswa mempresentasikan hasil / produk belajar mereka.

 

a.       Informasi pertemuan yang akan datang.

b.      Pengayaan

 

NB:

Pertemuan Kedua dan pertemuan selanjutnya membahas  Indikator  yang belum dibahas. Misalnya pertemuan ke dua membahas indikator: 3.2.5. Pertemuan ke tiga membahas  indikator : 3.2.6 sd 3.2.10, dan seterusnya.  Adapun kegiatannya mengikuti rumusan di atas.

 

 

 

Post a Comment for "INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN KE DALAM RPP "