Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

DOWNLOAD SOAL UP TERBARU BERIKUT KUNCI JAWABANYA

 

CONTOH SOAL UP DI SERTAI JAWABANYA 2023

 

SOAL UP PPG TERBARU BERIKUT KUNCI JAWBANYA 2022-2023

Assalamualaikum,Wr.Wb.bagi para peserta PPG sudah pasti ketika di akhir perkulihan akan menghadapi ujian UP berikut ini adalah salah satu contoh ujian UP mudah mudahan ada manfaatnya amiin..

1.    Bu Inne adalah seorang pegawai di sebuah Bank milik pemerintah. Penghasilannya dalam sebulan sebesar 10 juta, dengan pengeluaran rutin sebesar 6 juta/ bulan. Mengacu pada pendapat jumhur ulama dan pendapat bahwa profesi adalah segala yang meliputi pekerjaan yang halal dan baik, maka Bu Inne tergolong wajib mengeluarkan zakat. Jika Bu Inne ingin membayar zakat di setiap bulan, maka perhitungan yang tepat adalah ....

            a. 2,5% dari 10 juta/ bulan

            b. 2,5% dari 6 juta/ bulan

            c. 2,5% dari 4 juta/ bulan

            d. 5% dari 10 juta/ bulan

            e. 5% dari 4 juta/ bulan

2.    Gagasan adanya zakat produktif berdasar pada fakta bahwa para mustahiq tidak semuanya orang-orang yang memiliki keterbatasan kekuatan fisik. Sebagian di antara mereka adalah orang-orang yang masih berada pada usia produktif, sehat secara fisik, bahkan memiliki keterampilan dan keahlian. Masalah utama para mustahiq tersebut adalah tidak adanya modal usaha. Dalam kondisi seperti ini, penyaluran zakat untuk hal-hal yang bersifat produktif diperbolehkan dengan memperhatikan beberapa kondisi mustahiq yaitu ....

a. sehat jasmani dan rohani, membuat pernyataan sanggup mengembangkan usaha, memiliki keahlian yang relevan

b. memiliki usaha dan berkomitmen untuk mengembangkan usaha secara mandiri dan terampil

c. lemah secara ekonomi namun memiliki semangat untuk memperbaiki taraf kehidupannya

d. memiliki jenis usaha yang telah dijalankan dan membutuhkan modal pengembangan

e. produktif, sehat, memiliki keterampilan, dan memiliki rancangan usaha pengembangan

3.    Pengertian pernikahan menurut ulama Syafi’iyah adalah akad (perjanjian) yang mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan sebab lafaz nikah atau tajwiz. Hal ini menjadi salah satu dasar perbedaan antara pernikahan dalam Islam dengan pernikahan yang terjadi sebelum Islam (masa Jahiliyah). Berikut ini yang bukan termasuk jenis perkawinan pada masa Jahiliyah tersebut adalah ….

a. pergaulan bebas pria dan wanita sebelum perkawinan yang resmi dilangsungkan

b. seorang suami meminta kepada laki-laki lain untuk saling menukar istrinya

c. seorang suami minta kepada laki-laki kaya, bangsawan atau orang pandai agar bersedia mengumpuli istrinya yang dalam keadaan suci sampai ia hamil

d. seorang wanita dikumpuli oleh beberapa pria sampai hamil, dan ketika anaknya lahir, lalu wanita itu menunjuk salah satu pria yang dianggap ayah dari anaknya

e. seorang pria dan wanita bertemu untuk berkenalan dan melakukan akad pernikahan

 

4.    Fenomena laki-laki beristri lebih dari satu, sudah banyak ditemui di berbagai daerah. Bahkan sebuah grup media sosial baru-baru ini memperlihatkan beberapa nama grup yang disinyalir adalah forum komunikasi antar anggota yang membahas tentang kiat-kiat berpoligami atau hal berkaitan dengannya. Di antara alasan yang dikemukakan adalah mengikuti Sunnah Nabi dan menghindari dari perbuatan zina. Padahal ketentuan Islam dalam hal poligami bukan hanya perkara sederhana. Mahmud Syaltut mengatakan bahwa laki-laki diperbolehkan beristri lebih dari satu dalam kondisi darurat, di antaranya adalah ....

a.istri memiliki kekurangan fisik dan mengizinkan suaminya berpoligami

b.istri sering sakit dan tidak sanggup melayani suaminya

c.istri tidak dapat memberikan keturunan dan mengizinkan suaminya bersitri lagi

d.suami tidak puas dengan seorang istri dan takut melakukan perzinaan

e.suami memiliki kemampuan eknomi untuk menghidupi lebih dari seorang istri

 

5.    Berdasarkan operasionalnya, Bank di Indonesia terbagi menjadi dua; yaitu bank konvensional dan bank syariah. Bank konvensional adalah lembaga keuangan yang fungsi utamanya adalah menghimpun dana untuk disalurkan kepada perorangan atau lembaga untuk usaha produktif dengan sistem bunga. Sedangkan yang dimaksud bank syariah adalah suatu lembaga keuangan yang bertujuan menghimpun dana untuk disalurkan kepada perorangan atau lembaga yang membutuhkan dengan tanpa bunga. Asas dari perbankan syariah dalam melakukan kegiatan usahanya adalah prinsip syariah, demokrasi ekonomi, dan prinsip kehati-hatian. Berdasarkan narasi tersebut, perbedaan pokok antara bank konvensional dan bank syariah adalah ....

a.bank konvensional bertentangan dengan islam sedangkan bank syariah tidak bertentangan

b.bank konvensional menerapkan sistem bunga dalam menjalankan usahanya, sedangkan bank syariah menerapkan sistem bagi hasil

c.bank konvensional dikelola oleh pemerintah, sedangkan bank syariah dikelola swasta

d.bank konvensional tidak memiliki pengawas syari’ah, sedangkan bank syariah diawasi oleh pengawas syari’ah

e.bank konvensional menjadikan bunga sebagai sumber utama keuntungan bisnis, sedangkan bank syariah mengutamakan berkah

 

6.    Bunga bank merupakan ketetapan nilai mata uang oleh bank yang memiliki tempo/ tenggang waktu, untuk kemudian pihak bank memberikan kepada pemiliknya atau menarik di peminjam sejumlah bunga (tambahan) tetap sebesar beberapa persen. Para ulama memiliki perbedaan pendapat terkait hukum bunga bank. Pertama, kelompok muharrimun yang mengharamkan bunga bank secara mutlak. Kedua, kelompok yang mengharamkan bunga bank jika bersifat konsumtif. Ketiga, kelompok muhallilun yang menghalalkan bunga bank. Keempat, kelompok yang menghukumi syubhat. Berdasarkan pendapat terakhir, ulama memandang hukum bunga bank dilatarbelakangi beberapa argumen berikut ini, kecuali ....

a. bunga bank tidak berlipat ganda tetapi hanya sebesar 4%, 7%, atau 9%

b. bunga bank bukanlah riba jika digunakan sebagai modal atau lainnya yang bersifat produktif

c. kebolehan bunga bank dalam pinjaman untuk investasi merupakan kebutuhan yang riil di masyarakat

d. keberadaan bank merupakan kebutuhan penting ekomoni di masa modern

e. bunga bank termasuk barang ribawi karena menggunakan uang kertas

7.    Fee artinya pungutan dana yang dibebankan kepada nasabah bank untuk kepentingan administrasi, seperti keperluan kertas, biaya operasional, dan lain-lain. Hal ini umum dilakukan dalam berbagai transaksi termasuk pada bank. Pungutan ini hakikatnya bisa dikategorikan sebagai bunga, karena terdapat tambahan dalam hal pembiayaan. Bagi kelompok muharrimun terhadap hukum bunga bank, berpendapat bahwa hukum memberikan fee pada transaksi perbankan adalah ....

a. boleh, karena fee dapat memperlancar proses transaksi

b. wajib, karena saling menguntungkan kedua belah pihak

c. makruh, karena fee tidak jelas penggunaannya

d. haram, karena fee tidak sesuai dengan kesepakatan

e. haram, karena fee sama saja dengan bunga bank

 

8.    Seorang pemimpin dan rakyatnya memiliki kewajiban untuk membangun sebuah negara yang adil dan sejahtera. Dalam sistem pemerintahan menurut Islam, rakyat sebagai kumpulan manusia yang dipimpin memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan secara adil. Berikut ini yang termasuk hak setiap warga adalah ....

a. menolak kezaliman dan kesewenang-wenangan

b. taat kepada pemimpin

c. membantu pemimpin dalam semua usaha kebaikan

d. berkorban jiwa dan raga untuk mempertahankan negara

e. menjaga persatuan dan kesatuan

 

9.    Selama kurang lebih dua tahun, yaitu dari 11-13H/ 632-634M Abu Bakar Ash- Shiddiq memimpin menggantikan Nabi Muhammad saw. setelah wafat. Abu Bakar adalah orang yang sangat tegas dalam menjalankan kepemimpinan. Dinamika keadaan sosial pada masa pemerintahan Umar bin Khatab mengalami perubahan dibanding dengan masa Nabi. Pada masa kepemimpinannnya, terdapat kemajuan dalam bidang sosial dan ekonomi di antaranya adalah ....

a. menumpas nabi palsu

b. memerangi orang yang tidak mau membayar jizyah

c. membentuk lembaga Baitul Mal

d. membentuk sistem pemerintahan sentralistik

e. menginisiasi pengumpulan ayat-ayat Al-Qur’an

 

10.  Pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, usaha pengembangan wilayah Islam terus dilanjutkan. Tentara Romawi dapat dikalahkan pada tahun 16 H/636 M. Berikut ini yang tidak termasuk penaklukan yang terjadi pada masa Umar bin Khatab adalah ....

a. ekspansi wilayah Islam di Damaskus pada tahun 635 M

b. ekspansi wilayah Islam di Al Qadisiyah Irak pada tahun 637 M

c. ekspansi wilayah Islam di Mosul pada tahun 638 M

d. ekspansi wilayah Islam di Mesir pada tahun 641 M

e. ekspansi wilayah Islam di al Madain Ibu kota Persia pada tahun 641 M

 

11.  Kontribusi Ustman bin Affan dalam peradaban Islam terlihat dalam berbagai bidang. Dalam hal perluasan wilayah Islam, Utsman bin Affan melanjutkan kebijakan Umar dengan melindungi beberapa wilayah yang sudah ditaklukkan, seperti; Mesir dan Irak. Begitu juga penaklukan wilayah lain seperti; Armenia, Cyprus, Rhodes, dan bagian yang tersisa dari Persia, Transoxiania, serta Tabaristall. Dalam bidang Al Qur’an, Ustman bin Affan melakukan pembukuan mushaf Al-Qur’an, dengan membentuk tim khusus yang terdiri dari ....

a. Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Said bin ‘Ash, dan Abdurrahman bin Harits

b. Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Abdullah bin Mas’ud, dan Abdurrahman bin Harits

c. Abdullah bin Zubair, Abdullah bin Mas’ud, Said bin Abi Waqash, dan Abdurrahman bin Harits

d. Abdullah bin Zubair, Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Mas’ud, dan Abdurrahman bin Harits

e. Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Mas’ud, Abdurrahman bin Harits, dan Zubair bin Awwam

 

12.  Organisasi pertahanan pada masa Daulah Umayyah sama seperti yang telah dibuat oleh khalifah Umar bin Khattab, hanya lebih disempurnakan. Bedanya, pada masa Khulafaur Rasyidin tentara Islam adalah tentara sukarela, sedangkan pada masa Daulah Umayyah orang masuk tentara kebanyakan dengan paksa atau setengah paksa, yang dinamakan Nidhamut Tajnidil Ijbari, semacam undang-undang wajib militer. Perbedaaan lainnya yang ada pada masa Daulah Umayyah berkaitan dengan politik ketentaraan adalah ....

a.semua tentara terbagi dari dua kubu yaitu Arab dan Mawali

b.semua tentara wajib dari kalangan keturunan Umayyah

c.semua tentara harus dari orang-orang Arab

d.semua tentara wajib membayar pajak

e.semua tentara ditentukan langsung keanggotaannya oleh khalifah

 

13.  Pada masa Umayyah dibentuk sebuah lembaga pengadilan tertinggi yang bertugas menerima banding dari pengadilan yang ada di bawahnya dan mengadili para hakim dan pejabat yang bersalah. Pengadilan ini melakukan sidang dipimpin oleh khalifah atau orang yang ditunjuk olehnya. Para khalifah Bani Umayyah menyediakan satu hari saja dalam setiap minggu untuk keperluan ini, dan yang pertama kali mengadakan adalah khalifah Abdul Malik bin Marwan. Kegiatan yang dilakukan oleh lembaga ini diadakan di masjid. Pengadilan tertinggi ini disebut ....

a. Al-Nidzam al Qadhai

b. Al-Nidzam al Idari

c. Al-Nadhar fil Madzalim

d. Al-Nadhar fil Hisbah

e. Al-Nadhar fil Qadhi

 

14.  Masa Dinasti Abbasiyah dikenal sebagai periode keemasan Islam terutama dalam bidang agama, ilmu pengetahuan dan peradaban. Dalam bidang Ilmu Tafsir, muncul beberapa aliran dalam ilmu tafsir. Penafsiran Al Qur’an berkembang tidak hanya dengan penafsiran makna, tetapi juga penafsiran bil ma’tsur dan bil ra’yi. Pemerintah Abbasiyah pun yang pertama menyusun tafsir dan memisahkan antara tafsir dengan Hadits. Salah satu tokoh yang terkenal dengan metode tafsir bil ma’tsur adalah ....

a. Amar Ibnu Muhammad

b. Abu Yunus Al Qazwani

c. Amir al-Hasan bin Sahl

d. Muhammad Ibn Jarir At-Thabari

e. Muhammad bin Abi Bakr

 

15.  Kemajuan yang dicapai oleh Dinasti Abbasiyah dalam hal ekspansi wilayah Islam terbilang cukup pesat. Semasa Abbasiyah wilayah kekuasaannya meliputi barat sampai samudra Atlantik, di sebelah timur sampai India dan perbatasan China, dan di utara dari laut Kaspia sampai keselatan, teluk Persia. Wilayah kekuasaan Abbasiyah hampir sama luasnya dengan wilayah kekuasaan dinasti Mongol. Seiring dengan kemajuan ini, muncul kelemahan pada masa ini yang menjadikan Bani Abbasiyah mengalami kemunduran, yaitu ....

a. adanya peperangan antara beberapa suku Arab

b. pribadi khalifah yang lemah tidak mampu mengendalikan luasnya wilayah kekuasaan

c. lahirnya dinasti-dinasti kecil di berbagai wilayah kekuasaan yang membantu pemerintah pusat

d. khalifah makin kaya, namun rakyat makin miskin

e. perekonomian menurun karena semakin banyaknya yang tidak membayar pajak

16.  Islam masuk ke wilayah nusantara menempuh berbagai macam jalur. Terdapat beberapa teori tentang masuk dan berkembangnya Islam di Indoensia. Para sejarawan menyebutkan empat teori dengan argumentasinya masing-masing. Keempat teori tersebut adalah ....

a.teori India, teori Arab, teori Persia dan teori Gujarat

b.teori Gujarat, teori Arab, teori walisongo, dan teori China

c.teori India, teori Arab, teori Persia, dan teori China

d.teori Gujarat, teori Mekah, teori China, dan teori India

e.teori Arab, teori India, teori Snouck Hurgronye, teori Gujarat

 

17.  Masyarakat Indonesia sebelum datangnya Islam dipegaruhi oleh ajaran Hindu dengan sistem kasta yang menjadikan perbedaan golongan dan kelas dalam kehidupan. Akibatnya strata sosial masyarakat menjadi bertingkat dan berkelompok. Hal ini menjadi salah satu sasaran dakwah Islam dengan mengembangkan misi ....

a.larangan menghina satu dengan yang lain

b.kesamaan derajat antar sesama manusia

c.melakukan pernikahan antar etnis dan agama

d.persamaan hak dan kewajiban antar agama

e.Islam membawa rahmat bagi seluruh alam

 

18.  Walisongo dikenal sebagai orang-orang suci yang mula-mula menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Dalam melakukan dakwah, walisongo menggunakan berbagai strategi dan metode dengan memanfaatkan berbagai jalur, seperti pendidikan, kebudayaan, kesenian, pertanian, pernikahan, pemerintahan, dan sosial kemasyarakatan. Pendekatan dakwah yang dilakukan oleh Walisongo dalam mengajarkan Islam yaitu pendekatan kultural. Sarana dakwah dengan seni ukir, wayang, gamelan, seni suluk dilakukan oleh ....

a.Sunan Bonang

b.Sunan Ampel

c.Sunan Drajat

d.Sunan Kalijaga

e.Sunan Muria

 

19.  Masuknya Islam ke wilayah sub-sahara Afrika terjadi sekitar abad ke-9, karena hubungan perdagangan. Hal ini disebabkan oleh beberapa wilayah Afrika yang memang menjadi salah satu jalur perdagangan yang penting. Setelah Islam berkembang di Afrika, raja-raja di Afrika mulai menerima kaum Muslim, bahkan sebagian dari mereka memeluk agama Islam dan mengubah kerajaannya menjadi kerajaan Islam. Berdasarkan narasi di atas dapat disimpulkan bahwa ....

a.Islam masuk ke Afrika melalui banyaknya raja yang masuk Islam

b.Islam berkembang ke Afrika tidak melalui upaya penaklukan

c.hampir semua raja-raja di Afrika memeluk agama Islam

d.sejak dahulu Afrika terkenal sebagai jalur perdagangan

e.sejak awal masyarakat Afrika sudah menerima Islam dengan rela

 

20.            Bagi umat Islam di era keemasan, Amerika bukanlah sebuah “Dunia Baru‟. Sebab, 603 tahun sebelum Chistopher Columbus menemukan benua itu, para penjelajah Muslim dari Afrika Barat telah membangun peradaban di Amerika. Perhatikan pernyataan berikut!

1.Tahun 999 M : Seorang navigator Muslim dari Dinasti Umayyah di Spanyol bernama Ibnu Farrukh telah berlayar dari Kadesh pada Februari 999 M menuju Atlantik.

2.Tahun 1178 M : Sebuah dokumen dari zaman Dinasti Sung mencatat perjalanan pelaut Muslim ke sebuah wilayah bernama Mu-Lan-Pi (Amerika).

3.Tahun1312M: Seorang Muslim dari Afrika (Mandiga) tiba di Teluk Meksiko untuk mengeksplorasi Amerika menggunakan Sungai Mississipi sebagai jalur utama perjalanannya.

4.Tahun 1530 M : Budak dari Afrika tiba di Amerika. Selama masa perbudakan, lebih dari 10 juta orang Afrika dijual ke Amerika. Sekitar 30 persen budak dari Afrika itu Islam.

5.Tahun 1539 M: Estevanico of Amazon, seorang Muslim pertama di Amerika mendarat di tanah Florida.

Fakta yang kurang tepat berkenaan dengan kedatangan Islam di Amerika ditunjukkan pada nomor….

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5

 

21.  Berdasarkan data sejarah, masuknya Islam ke bernua Eropa setidaknya melalui empat periode hingga jumlah penduduk muslim di benua tersebut makin bertambah. Berikut yang tidak termasuk dalam empat periode tersebut adalah ....

a. periode kekhalifahan Islam di Spanyol (Andalusia) selama ±8 abad dan pemerintahan umat Islam di beberapa pulau, di antaranya : Prancis Selatan, Sicilia, dan Italia Selatan

b. adanya penyebaran tentara Mongol pada abad ke-13, yang di antara penguasa Mongol yakni Dinasti Khan beragama Islam. Kekuasaannya berpusat di Sungai Volga sebelah utara Laut Kaspia dan Laut Tengah

c. periode ekspansi kekhalifahan Turki Usmani sekitar abad ke-14 dan ke-15 ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah, bahkan di Albania umat Islam merupakan penduduk mayoritas

d. fenomena banyaknya imigran muslim yang menempati berbagai kota, seperti di Chicago, Illinois, San fransisco, dan California

e. periode kaum imigran Muslim memasuki benua Eropa setelah perang dunia ke-2, terutama ke negara-negara industri, seperti: Prancis, Jerman, Inggris, Belanda, dan Belgia

 

22.  Islam pertama kali masuk ke Australia dibawa oleh para pelaut dari Makassar. Pelaut-pelaut itu yang pertama kali melakukan kontak dengan penduduk Aborigin. Mereka mendarat di bagian utara Australia sekita abad 17-an. Kala itu mereka datang dengan sangat sopan dan sebelumnya meminta izin kepada penduduk asli. Inilah salah satu hal yang menarik penduduk asli Australia untuk mempelajari keyakinan dan pola kehidupan para pelaut Makassar tersebut. Berdasarkan narasi tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat asli Australia menerima Islam karena ....

a.penduduk Makassar datang menyebarkan Islam

b.penduduk Aborigin memerlukan ajaran Islam sebagai pembebasan

c.adanya kontak budaya antara pelaut Makassar dengan penduduk Aborigin

d.abad 17-an di Australia belum ada agama yang dianut masyarakat

e.perilaku mulia yang ditunjukkan para pelaut Makassar saat berinteraksi

 

23.  Akhlak menurut Ibnu Miskawaih adalah kondisi jiwa yang mendorong tindakan-tindakan tanpa berpikir dan pertimbangan lagi. Sementara menurut Al Ghazali, akhlak adalah gambaran keadaan jiwa berupa sifat-sifat yang sudah mandarah daging yang mendorong dilakukannya perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa berpikir panjang. Berdasarkaan kedua definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa seseorang yang berakhlak baik akan terlihat dari ....

a.lisanya

b.perilakunya

c.kesehariannya

d.pemahamannya

e.hatinya

 

24.  Sifat syaja’ah merupakan sumber akhlak mulia yang mampu menumbuhkan kebaikan-kebaikan dalam diri seseorang. Syajaah menurut Al-Ghazali dalam kitab Mizan al-Amal meliputi beberapa sifat turunan yaitu; Al Karam (kebaikan budi), an-Najdah (membantu, menolong), Kibr an-Nafs (berjiwa besar), Al-Ihtimal (ketahanan dalam bekerja), Al-Hilm (santun), dan Al-Wiqar (tenang). Sifat Syaja’ah ini dihasilkan dari potensi manusia ketika ia mampu melakukan penolakan terhadap sesuatu yang tidak disenangi dan mendapatkan kenikmatan yang bersifat batiniyah. Kemampuan ini disebut ....

            a. Quwwah al ghadab

            b. Quwwah al ‘ilmi

            c. Quwwah al ‘adl

            d. Quwwah al syahwah

            e. Quwwah

 

25.  Pak Adi adalah seorang ketua RT yang dikenal baik oleh para warga di desanya. Dia merupakan seorang yang santun ketika berbicara, menghargai pendapat warga dalam setiap rapat, dia pun juga seorang yang sabar. Ketika mendapatkan kritik pedas dari salah satu warganya berkenaan dengan masalah yang terjadi, Pak Adi tetap bersikap tenang dan menyelesaikan masalah dengan bijaksana. Prinsip yang selalu dipegang teguh oleh Pak Adi adalah melandaskan segala perbuatan, perkataan, dan tingkah lakunya semata untuk beribadah kepada Allah swt. Pak Adi selalu ingat firman Allah swt. dalam QS. Adz-Dzariyat ayat 56, yang artinya “Dan tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.” Pernyataan yang paling tepat untuk menyimpulkan sikap Pak Adi adalah ….

a. amal shaleh akan menjadikan seseorang dicintai Allah swt. dan semua makhluknya

b. amal shaleh akan mengantarkan banyak kemanfaatan

c. amal shaleh akan menjadikan seseorang bahagia dunia akhirat

d. iman yang kuat akan mengantarkan kebahagiaan dunia akhirat

e. iman yang kuat akan mengantarkan seseorang untuk selalu beramal shaleh

 

26.  Budi adalah seorang pengusaha yang tumbuh di keluarga kurang mampu. Orang tuanya hanya tamatan sekolah dasar dan bekerja sebagai penggarap sawah. Namun sejak kecil, Budi bertekad untuk menjadi orang sukses. Ia memiliki impian untuk mensejahterakan orang tuanya di kampung dan meningkatkan taraf hidup keluarganya. Budi dikenal sosok yang ulet dan pekerja keras, namun dia juga dikenal sebagai pribadi yang taat beribadah. Setiap malam Budi bermunajat kepada Allah memohon agar usahanya diridhoi oleh Allah dan diberikan kemudahan dalam mewujudkan cita-citanya. Budi terus berdoa diiringi dengan usahanya yang maksimal sehingga pada akhirnya dia mampu mencapai cita-citanya untuk mensejahterakan orang tua dan keluarganya.

a. Budi bekerja keras tanpa kenal lelah

b. Budi bekerja keras untuk membahagiakan orang tuanya

c. Budi terus menyandarkan usahanya tersebut kepada Allah swt

d. Budi tidak pernah patah semangat dalam mewujudkan impiannya

e. Budi adalah sosok yang sukses karena Allah swt

 

27.            Nabi Saw bersabda Ø¥ِÙ†َّ Ù„ِÙƒُÙ„ِّ دِينٍ Ø®ُÙ„ُÙ‚ًا، ÙˆَØ®ُÙ„ُÙ‚ُ الْØ¥ِسْÙ„َامِ الْØ­َÙŠَاءُ hadits ini memiliki makna “Setiap agama mempunyai ciri khas akhlak, dan ciri khas akhlak Islam itu rasa malu” (H.R. Ibnu Majah). Dalam riwayat lain Nabi Saw juga bersabda اَÙ„ْـحَÙŠَاءُ لاَ ÙŠَØ£ْتِÙŠْ إلاَّ بِØ®َÙŠْرٍ hadits ini memiliki makna “Malu tidak mendatangkan sesuatu kecuali kebaikan.” (Shahîh: HR.al-Bukhâri (no. 6117). Berdasarkan kedua hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa malu merupakan salah satu akhlaq diri yang memiliki keutamaan. Pernyataan berikut yang menggambarkan manfaat perilaku al-haya’ (malu) dalam kaitannya dengan pembentukan akhlak pribadi adalah ....

a. ketika ujian akhir semester Rohma memilih untuk mengerjakan sendiri dan tidak mencontek temannya meskipun dia sadar akan kemampuan akademisnya biasa-biasa saja, karena dia malu kalau dianggap temannya tidak pintar.

b. Ainun adalah seorang santri di Pondok Pesantren Nurul Islam. Ainun dikenal sebagai salah satu santri yang alim dan beprestasi di pondok tersebut. Seperti fitrah manusia pada umumnya Ainun jatuh cinta kepada Yusuf, namun karena rasa takut berbuat maksiat yang lebih besar, dibanding rasa cintanya, Ainun memilih untuk memendam perasaannya tersebut.

c. Wilda belajar saat ada orangtuanya saja, namun ketika orangtuanya tidak ada di rumah Wilda bermalas-malasan. Karena Wilda malu jika terlihat malas di depan orang tuanya.

d. Ida anak seorang buruh tani. Penghasilan kedua orangtuanya hanya cukup untuk memenuhi kehidupan hidup sehari-hari saja. Di sekolah Ida bergaya layaknya anak seorang yang kaya raya karena malu jika teman-temannya tahu bahwa ia hanyalah anak seorang buruh tani.

e. Andi seorang mahasiswa rantau yang kuliah di sebuah Perguruan Tinggi. Pada akhir bulan jatah uang sakunya habis. Andi berpikir bagaimana cara mencari uang agar kehidupannya tetap berlangsung. Daripada mencuri akhirnya Andi tidak malu mengamen di jalanan.

 

28.  Secara bahasa, khauf adalah lawan kata al-amnu. Al-Amnu adalah rasa aman, dan khauf adalah rasa takut. Khauf adalah perasaan takut terhadap siksa dan keadaan yang tidak mengenakkan karena kemaksiatan dan dosa yang telah diperbuat. Dasar anjuran sifat ini berlandaskan pada firman Allah yang artinya “..janganlah engkau merasa paling suci, karena Aku tahu siapa yang paling bertaqwa.” (QS. An-Najm: 32). Berdasarkan ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa sifat khauf bertujuan untuk ....

a. menjadi proteksi diri dari perbuatan maksiat

b. menghindari dari sifat suci

c. menghindarkan diri dari sifat ujub dan sombong

d. menjauhkan diri dari berbagai kejahatan

e. membentuk sikap yang mulia dalam diri

 

29.  Bu Ika adalah seorang yang aktif dalam kegiatan sosial. Ia rajin melakukan donor darah dan melakukan penggalangan dana di setiap kegiatan sosial. Bu Ika memiliki suami dan dua anak yang masih balita. Suatu ketika Bu Ika jatuh sakit, sementara suaminya harus tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Melihat anaknya yang masih kecil, tetangganya menawarkan diri untuk membantu menjaga anaknya selama suaminya bekerja. Sehingga Bu Ika bisa istirahat untuk memulihkan kondisinya. Berdasarkan kisah tersebut, pelajaran yang dapat kita petik adalah ....

a. jika seseorang berbuat kebaikan maka akan mendapat pahala berlipat dari Allah swt.

b. mendonorkan darah adalah perbuatan yang mulia.

c. berbuat kebaikan kepada sesama akan mendatangkan manfaat bagi diri sendiri.

d. aktif dalam kegiatan sosial akan mendatangkan kebaikan bagi sekitar.

e. perbuatan Bu Ika dan tetangganya patut kita contoh.

30.  Karena perceraian orangtuanya, Zakaria hidup dalam keadaan kondisi batin yang selalu tidak baik. Ia memutuskan untuk tidak lagi bertemu dengan ayahnya. Namun, ketika hendak menikah, Zakaria berfikir sebaliknya, Zakaria menemui ayahnya untuk dapat hadir di pernikahannya. Zakaria berfikir bahwa anak-anaknya kelak harus melihat ayahnya memiliki hubungan baik dengan kakeknya, sehingga ia mampu memberikan contoh tentang hubungan baik antara seorang ayah dan anak. Dan ketika telah memiliki anak, Zakaria pun senang melihat hubungan yang dekat antara anak-anaknya dengan dirinya dan juga dengan kakeknya. Kisah di atas menunjukkan manfaat dari bersikap ....

a. optimis

b. tenggang rasa

c. hormat pada orangtua

d. berperasangka baik

e. memaafkan

 

Post a Comment for "DOWNLOAD SOAL UP TERBARU BERIKUT KUNCI JAWABANYA "