Tes Akhir Modul STRUKTUR KEILMUAN PAI,PPG DALJAB
Soal Nomor 1
Perhatikan pernyataan Sayed Husein Nasr di bawah ini: “Pengetahuan dalam visi Islam mempunyai hubungan yang mendalam dengan realitas yang pokok dan premordial yang merupakan Yang Kudus dan sumber dari segala yang kudus”. Jika dikaitkan dengan aspek pengembangan PAI, pernyataan ini berkenaan pengembangan PAI aspek….
Jawaban Anda
A. Ideologis-Filosofis
B. Budaya
Religius
C. Ranah PAI
D.
Ekstrakurikuler
E.
Intrakurikuler
Soal Nomor 2
Pendidikan Agama Islam di sekolah, dikembangkan berdasarkan budaya bangsa Indonesia yang beragam, diarahkan untuk membangun kehidupan masa kini, dan untuk membangun dasar bagi kehidupan bangsa yang lebih baik di masa depan. Pernyataan ini mengandung makna bahwa Pendidikan Agama Islam dikembangkan berdasarkan…
Jawaban Anda
A. Landsan
Filsafat
B. Landasan
Teoretis
C. Landasan
Yuridis
D. Landasan
Historis
E. Landasan Normatif
Soal Nomor 3
Keberagamaan seseorang dapat diukur dari keberadaan dimensi keyakinan (Aqidah Islam), dimensi praktek agama (ritual dan ketaatan), dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan agama, dan dimensi pengamalan atau konsekuensi. Di bawah ini, yang termasuk perilaku keberagamaan sebagai implementasi dari Aqidah Islam seseorang adalah.
Jawaban Anda
A. Pak Umar
rajin shalat berjamaan di masjid, sebab beliau sebagai ketua DKM
B. Aisyah
memberi bingkisan kepada tetangganya, karena tetangganya juga suka memberi
bingkisan kepadanya
C. Anton
setiap hari Jum’at memberi infaq ke masjid di sekolahnya sebagai ketaatan
terhadap aturan sekolah
D. Fahima
rajin mengaji di rurmah karena diperintahkan oleh orangtuanya
E. Andini suka menyantuni anak yatim sebagai
implementasi dari perintah Allah
Soal Nomor 4
Menurur Abu Hamid al-Ghazali, akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Pengertian ini mengandung esensi bahwa akhlak adalah…
Jawaban Anda
A. Sifat yang
tertanam dalam jiwa
B. Perbuatan
yang gampang dan mudah
C. Perbuatan
tanpa memerlukan pemikiran
D. Perbuatan
tanpa memerlukan pertimbangan
E. Perbuatan sebagai manifestasi jiwa seseorang
Soal Nomor 5
Ruang lingkup materi Pendidikan Agama Islam pada SD, SMP, SMA, SMK dikembangkan dari arkan al-din dalam rangka mencapai tujuan menjadikan manusia yang berislam (muslim), beriman (mukmin) dan berihsan (muhsin). Disiplin ilmu yang mengembangkan materi Iman adalah ilmu Aqidah. Dengan demikian belajar Aqidah pada utamanya adalah…
Jawaban Anda
A. Belajar
hukum syari’at untuk melalui jalan kepasrahan dan kepatuhan kepada ketentuan
Allah SWT
B. Belajar berbagai keyakinan untuk mencapai
keimanan yang sempurna kepada Allah SWT
C. Belajar
perilaku manusia untuk mencapai kesadaran tentang semua perilaku yang diawasi
oleh Allah SWT
D. Belajar
dasar utama keberagamaan (Islam, iman dan ihsan), yaotu al- Quran dan al-
Hadits
E. Belajar
praktik baik sebagai ‘ibroh (pelajaran) mengenai akibat dari ketaatan dan
penolakan terhadap kententuan Allah SWT
Soal Nomor 6
Pendidikan Agama Islam merupakan bidang ilmu yang dikembangkan dari pokok agama Islam, yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Bidang ilmu pendidikan agama Islam sebagai penjabaran dari Iman adalah…
Jawaban Anda
A. Al-Qur’an
dan Hadits
B. Aqidah
C. Akhlak
D. Fiqih
E. Sejarah
Peradaban Islam
Soal Nomor 7
Secara epistemologis, Islam mengakui empat sumber pengetahuan, yaitu realitas empirik, rasionalitas, intuisi dan otoritas. Dengan sumber pengetahuan intuisi, melahirkan jenis pengetahuan intuitif. Hakikat pengetahuan intuitif adalah…
Jawaban Anda
A. Pengetahuan yang didapatkan melalui olah pikir
dengan pendekatan deduktif dimaka akal mengatur data-data yang dikirim oleh
indera, mengolahnya dan menyusunnya hingga menjadi pengetahuan yang benar
B. Pengetahuan
yang didapatkan melalui pengalaman indrawi dan akal mengolah bahan-bahan yang
diperoleh dari pengalaman dengan cara induksi
C. Pengetahuan
yang didapatkan melalui pengamatanyang memberikan kesan-kesan dan
pengertian-pengertian atau ide-ide
D. Pengetahuan
yang didapatkan memlalui salah satu jenis kemampuan nalar tinggi dengan bentuk
pemunculan ide-ide terpendam di bawah sadar
E. Pengetahuan
yang didapatkan sebagai bentuk pencapaian ilmu hudluriy yang didapatkan
seseorang dengan cara pasif baik itu secara langsung dari Allah atau melalui
perantara
Ketika al-Ghazali menjelaskan tentang tiga demensi pengenalan (ma'rifah) manusia kepada Allah dari sudut perbuatan-Nya (al-af'al), sifat (al-sifat) dan dzat-Nya (al-dzat), ia mengatakan bahwa seluruh pengetahuan manusia (dalam bentuk science) itu diambil dari samudera al-af'al. Yakni representasi perbuatan Allah yang begitu luas terbentang ke penjuru semesta yang tak terarungi. Hal ini berarti..
Jawaban Anda
A. Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah setitik air dari samudera
pengetahuan Allah Azza wa Jalla
B. Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah hasil olah pikir para
ilmuwan Muslim di masa keemasan Islam
C. Sebagian jenis pengetahuan makhluk adalah setitik air dari samudera
pengetahuan Allah SWT
D. Sebagian jenis pengetahuan makhluk adalah hasil dialektika para
filosof Muslim di masa keemasan Islam
E. Seluruh jenis pengetahuan makhluk adalah hasil eksperimen para
ilmuwan Muslim di masa keemasan
Soal Nomor 1
Perhatikan pengertian kata 'ilm (ilmu pengetahuan) menurut al-Ghazali di bawah ini: Kata 'ilm (ilmu pengetahuan) adalah bentuk kata yang ambigu (musytarak: mempunyai banyak arti) yang meliputi penglihatan dan perasaan. Ilmu pengetahuan adalah mengetahui (al-ma'rifah). Ilmu pengetahuan adalah ilustrasi akal (tashwîr) yang valid tentang hakikat sesuatu, yang terlepas dari unsur aksiden dengan segala dimensi, kualitas, kuantitas, substansi dan zatnya. Ilustrasi akal tersebut meliputi segala aktivitas jiwa dalam memperoleh dan memproduksi pengetahuan. Jadi kata tashwîr ini meliputi pengetahuan aksiomatis (‘ilmal-dlarûriy), pengetahuan intelektual (‘ilm alkasbiy) dan pengetahuan intuitif (‘ilm al-ladunniy). Jika dikaitkan dengan obyek ilmu pengetahuan dalam Islam, maka hal ini mengandung makna:
Jawaban Anda
A. Luasnya obyek ilmu pengetahuan dalam Islam yang
mencakup alamkasat mata (‘alam al-mulki wa al-syahâdah) dan alam metafisika
(‘alam al-malakût wa al-jabarût).
B. Terbatasnya
wilayah kajian dalam epistemologi Islam yang hanya bekerja pada tataran
empiris-fenomenologis tidak menusuk sampai pada wilayah transendental.
C.
Wilayah-wilayah ilmu dalam Islam itu dipandang sebagai sesuatu yang terpisah
karena pada hakikatnya berbeda wilayah ketuhanan (hadlrah Rubûbiyyah) dengan
kealaman.
D.
Sederhananya obyek ilmu pengetahuan dalam Islam yang hanya mencakup alam kasat
mata (‘alam al-mulki wa al-syahâdah) dan tidak meliputi alam metafisika (‘alam
al-malakût wa al-jabarût)
E.
Wilayah-wilayah ilmu dalam Islam itu dipandang sebagai sesuatu yang rumit
karena mengkaji wilayah kedalaman dan wilayah ketuhanan (hadlrah Rubûbiyyah)
secara utuh
Soal Nomor 2
Pengetahuan yang didapatkan melalui pengalaman inderawi dan akal mengolah bahan-bahan yang diperoleh dari pengalaman dengan cara induksi. Jhon lock, mengemukakan teori tabula rasa (sejenis buku catatan kosong). Maksudnya ialah bahwa manusia pada mulanya kosong dari pengetahuan, lantas pengalamannya mengisi jiwa yang kosong itu, lantas ia memiliki pengetahuan. Deskripsi di atas menjelasakan sumber pengetahuan, khususnya adalah:
Jawaban Anda
A. Pengetahuan empiris.
B. Pengetahuan
rasional.
C. Pengetahuan
intuitif
D. Pengetahuan
otoritatif
E. c dan e
benar
Soal Nomor 3
Model klasifikasi ilmu Aristoteles banyak diadopsi dan dikembangkan oleh para ilmuwan muslim seperti al-Farabi dan Ibnu Sina dengan tambahan beberapa modifikasi tertentu. Secara umum, Aristoteles membagi ilmu kepada dua bagian pokok, yang kemudian melahirkan sejumlah cabang lainnya: Pertama, ilmu teoretis dan Kedua, ilmu praktis . Yang termasuk bagian ilmu praktis adalah:
Jawaban Anda
A. Ilmu
metafisika
B. Ilmu
filsafat.
C. Ilmu
matematika.
D. Ilmu
fisika.
E. Ilmu akhlak.
Soal Nomor 4
Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang ditujukan untuk dapat menyerasikan, menyelaraskan dan menyeimbangkan antara iman, Islam, dan ihsan yang diwujudkan dalam deskripsi di bawah ini:
Jawaban Anda
A. Hubungan
manusia dengan Allah Swt. Membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa
kepada Allah Swt. serta berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.
B. Hubungan
manusia dengan diri sendiri. Menghargai, menghormati dan mengembangkan potensi
diri yang berlandaskan pada nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.
C. Hubungan
manusia dengan sesama Menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar
umat beragama serta menumbuhkembangkan akhlak mulia dan budi pekerti luhur.
D. Hubungan
manusia dengan lingkungan alam.
E. Semua benar
Soal Nomor 5
Salah satu tujuan Pendidikan Agama Islam adalah menjadikan peserta didik yang dalam beribadah kepada Allah seakan-akan ia melihat-Nya (Allah}, jika ia tidak melihatNya (Allah), maka Dia (Allah) melihat nya. Uraian di atas menjelaskan:
Jawaban Anda
A. Islam.
B. Iman.
C. Ihsan.
D. Sholat.
E. zakat
Soal Nomor 6
Apabila dilihat dari segi pembahasannya, maka ruang lingkup keilmuan Pendidikan Agama Islam yang paling umum dilaksanakan di sekolah adalah sebagai berikut, kecuali:
Jawaban Anda
A. Al-Quran
dan Hadits.
B. Sejarah
Peradaban Islam
C. Ilmu Mawaris
D. Keimanan
(Aqidah) dan Perilaku/etika (Akhlak)
E. Hukum
syari’at (Fiqh)
Soal Nomor 7
Pola pikir keilmuan dalam disiplin ilmu Hadis dibangun untuk memahami pesan Hadis secara benar, yang mencakup deskripsi dibawah ini:
Jawaban Anda
A.
Memperhatikan kebenaran cara periwayatan (riwayah)
B. Memperhatikan
kebenaran teks (pesan) Hadis.
C.
Memperhatikan apakah suatu Hadis diperoleh dari periwayatan yang benar-benar
sampai kepada sumber aslinya yaitu Rasulullah SAW, atau terputus karena ada
berbagai pertimbangan perawinya.
D.
Memperhatikan pesan pada matan (teks) Hadis, apakah bersesuaian atau terdapat
pertentangan, misalnya dengan al-Qur’an, Hadits lain, ijma, bahkan dengan
penalaran?
E. Semua benar
Soal Nomor 8
Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa: Nabi diam ketika melihat bahwa bibi Ibn Abbas menyuguhi beliau dalam satu nampan berisikan minyak samin, mentega, dan daging binatang dhabb (semacam biawak tetapi bukan biawak). Beliau makan sebagian dari mentega dan minyak samin itu dan tidak mengambil daging binatang Dhabb karena jijik. Seandainya haram tentunya daging tersebut tidak disuguhkan kepada beliau. (HR. al-Bukhari) Hadis tersebut merupakan contoh dari:
Jawaban Anda
A. Hadis
Shohih.
B. Hadis
Dhoif.
C. Hadis
Fi`lî.
D. Hadis Taqrîrî.
E. Hadis
Qawlî.
Soal Nomor 9
Yazid dan Ahmad adalah dua sahabat yang kerap belajar bersama. Ketika mereka sedang belajar, tiba-tiba adzan berkumandang. Seketika Ahmad yang langsung mengingatkan dan mengajak Yazid untuk melaksanakan shalat. Sikap dan tindakan Ahmad tersebut merupakan aktualisasi akhlak terpuji, karena…
Jawaban Anda
A. Merupakan
sifat yang tertanam dalam jiwa
B. Merupakan perbuatan
yang gampang dan mudah
C. Merupakan
perbuatan tanpa memerlukan pemikiran
D. Merupakan
perbuatan tanpa memerlukan pertimbangan
E. Merupakan perbuatan sebagai manifestasi jiwa
seseorang
Soal Nomor 10
Seorang guru mengajarkan pada peserta didiknya untuk membiasakan sholat shubuh. Di rumah, siswa diberikan contoh yang baik oleh orang tuanya dengan mengerjakan sholat subuh tepat waktu. Siswa tersebut juga mengikuti Pendidikan diniyah pada sore atau malam hari. Ilustrasi tersebut di atas menunjukkan:
Jawaban Anda
A. Guru
melakasanakan tugas dengan baik.
B. Orang
tersebut bisa menjadi teladan yang baik bagi anaknya.
C. Kehidupan
di lingkungan siswa tersebut sangat agamis.
D. Kerja sama yang baik kantar
tripusat Pendidikan dalam internalisasi nilai Islam.
E. Siswa
tersebut rajin sholah subuh dan mengaji.
Soal Nomor 11
Sekolah menyediakan sarana ibadah secara memadai, mengadakan sholat berjamaah, membiasakan bertegur sapa dengan salam, berjabat tangan, menghormati guru, menghargai dan mencintai kawan. Usaha yang dilaksanakan oleh tersebut merupakan upaya untuk…
Jawaban Anda
A. Menanamkan
nilai etika bergaul dengan guru di sekolah
B. Menanamkan
nilai etika bergaul dengan siswa lain di sekolah
C. Menanamkan
etika dari hablu minannas di sekolah
D. Menanamkan
budaya religious di sekolah.
E. Menanamkan etika dari hablu
minallah di sekolah
Post a Comment for "Tes Akhir Modul STRUKTUR KEILMUAN PAI,PPG DALJAB"